Pemprov Sumsel Bakal Rekrut 1.000 PPL untuk Tingkatkan Hasil Pertanian

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 17:33 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru
Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok. Humas Pemprov Sumsel)
Palembang -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengungkapkan akan merekrut 1.000 pemuda menjadi petugas penyuluh lapangan (PPL). PPL ini untuk meningkatkan hasil petani di daerah.

"Perekrutan rencananya akan dimulai pada awal November mendatang. Lewat seleksi ketat, PPL yang terpilih akan disebarkan ke daerah dengan hasil pertanian utama," ujar Herman kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Rabu (21/10/2020).

Adapun daerah utama itu adalah Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Timur, OKI, dan Ogan Ilir. Kelima daerah diyakini dapat menjadi potensi peningkatan hasil pertanian di Sumatera Selatan jika didampingi tenaga PPL.

Upaya menghidupkan kembali fungsi dari tenaga PPL ini bukan tanpa asalan. Salah satunya untuk memberikan edukasi yang benar kepada petani yang ada di sentra-sentra pertanian.

Terutama terkait cara bercocok tanam. Di mana semua harus dimulai dari pemilihan benih, pemupukan, hingga pemeliharaan tanaman dengan baik, termasuk bagaimana pascapanen agar tanaman selanjutnya bisa lebih baik.

Adapun kriteria PPL, lanjut pria yang akrab disapa HD ini, akan diumumkan kemudian hari oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Masyarakat yang memiliki potensi diminta untuk mengikuti seleksi di situs resmi Universitas Sriwijaya.

"PPL ini nantinya bakal sangat membantu dalam mengedukasi para petani di daerah. Sehingga petani dapat melakukan aktifitas bercocok tanam secara benar," kata HD.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Pemprov dalam menjadikan Sumatera Selatan lumbung pangan nasional. Di mana berbagai cara juga telah dilakukan oleh Gubernur HD bersama para bupati.

Simak juga video 'Mentan Syahrul: Pertanian Berkontribusi 16,4% Terhadap Ekonomi RI':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/rfs)