Timses Bobby Jelaskan Acara yang Dihadiri Wagub Sumut: Itu Bukan Kampanye

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 15:21 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi pilkada (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Medan -

Timses calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menjelaskan soal kehadiran Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) dalam salah satu acara yang berujung pelaporan ke Bawaslu Medan. Kegiatan itu disebut bukan kampanye Bobby.

"Itu agenda peresmian rumah tahfiz Al-Qur'an itu tidak ada kaitannya dengan agenda kampanye Bobby-Aulia. Itu murni agenda yang sifatnya keagamaan," ujar jubir Timses Bobby-Aulia, Sugiat Santoso, saat dimintai konfirmasi, Rabu (21/10/2020).

Sugiat mengatakan Bobby hadir sebagai undangan oleh panitia peletakan batu pertama rumah tahfiz. Dia menyebut kehadiran Bobby di acara yang juga dihadiri Ijeck adalah kebetulan.

"Kehadiran Bobby di situ atas dasar undangan. Dia undangan, tokoh masyarakat, namanya diundang, apalagi kegiatannya baik, ya dia wajib datang," tuturnya.

"Ya kebetulan Bang Ijeck diundang, Bobby diundang hadir dalam satu pertemuan, ya biasa. Tidak ada satu kata pun di acara itu untuk kampanye," sambung Sugiat.

Sebelumnya, timses cawalkot Medan, Akhyar Nasution, melaporkan Ijeck ke Bawaslu Medan. Laporan itu terkait foto Ijeck bersama Bobby.

"Fotonya pejabat Sumatera Utara ya. Kesannya macam kampanye, ya," kata Ketua Tim Pemenangan Akhyar-Salman, Ibrahim Tarigan, saat dimintai konfirmasi, Rabu (21/10).

Bawaslu Medan juga membenarkan ada laporan atas Ijeck. Menurut Bawaslu, hal yang dilaporkan terkait kehadiran Ijeck saat peletakan batu pertama salah satu rumah tahfiz.

"Betul, beliau melaporkan adanya kegiatan peletakan batu pertama rumah tahfiz yang dihadiri oleh Bapak Musa Rajekshah atau Ijeck, yang juga Wagubsu," ujar anggota Bawaslu Medan Taufiqurrohman Munthe.

Dia mengatakan acara tersebut juga dihadiri Bobby. Namun Taufiq belum menjelaskan apakah Bawaslu sudah memanggil para pihak terkait laporan tersebut.

"Yang pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh salah satu calon Wali Kota Medan, Pak Bobby," ucapnya.

(haf/haf)