Jokowi Ingin Penanganan Stunting Maksimal, Muhadjir Minta Daerah Bikin Program

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 12:33 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: dok Kemenko PMK)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan penanganan stunting harus maksimal. Muhadjir pun meminta pemerintah daerah menyiapkan dan mengidentifikasi program untuk menanggulangi stunting.

"Saya beserta Kepala BKKBN (Hasto Wardoyo) telah dipanggil oleh Bapak Presiden beberapa bulan yang lalu dan beliau telah memberikan pengarahan, bahwa untuk penanganan stunting itu harus bagus, harus ada kementerian atau lembaga teknis yang bertanggung jawab, baik dalam kaitannya dengan hasil yang akan dicapai maupun koordinasi pelaksanaannya, yang melibatkan pihak-pihak stakeholder baik pemerintah maupun nonpemerintah," kata Muhadjir saat rapat koordinasi teknis nasional 'Percepatan Pencegahan Stunting' yang disiarkan YouTube TP2AK Stunting, Rabu (21/10/2020).

"Dalam hal ini Bapak Presiden telah menetapkan bahwa Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN akan bertindak sebagai penanggung jawab sekaligus menjadi koordinasi dalam penanganan stunting di Indonesia," imbuhnya.

Muhadjir meminta kepada kepala daerah agar mempersiapkan program yang strategis. Program itu diharapkan bisa menunjang penanganan stunting di Indonesia.

"Untuk mempersiapkan reformasi struktural dan kultural dalam penanganan stunting di Indonesia, pada kesempatan kali ini saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat dan pemerintah, khususnya pemerintah daerah, untuk betul-betul mengoptimalkan program untuk menunjang penanganan masalah stunting di Indonesia ini," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2