Soal Survei Kinerja Jokowi Versi Litbang Kompas, PPP Bicara Penggiringan Opini

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 17:11 WIB
Amir Uskara/ Torik detikcom
Amir Uskara (Toriq/detikcom)
Jakarta -

Hasil survei Litbang Kompas menyatakan sebanyak 52,5 persen responden tidak puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin dalam satu tahun terakhir. Waketum PPP Amir Uskara menilai itu karena ada oknum yang memanfaatkan pandemi virus Corona (COVID-19) untuk menggiring opini publik.

"Setahun terakhir memang kondisi pandemi COVID banyak dimanfaatkan oleh mereka yang sejak awal tidak senang dengan pemerintahan yang ada," kata Amir kepada wartawan pada Selasa (20/10/2020).

Amir menilai ada pihak yang memanfaatkan keadaan dengan menggunakan berita tentang ekonomi yang melambat hingga utang pemerintah melalui media sosial (medsos). Menurutnya, hal itu membuat publik mendapat kesan bahwa hanya Indonesia yang mengalami resesi sehingga menyalahkan pemerintah.

"Dengan cara menyebar berita-berita terkait kondisi perekonomian yang melambat dan posisi utang pemerintah, kesan yang timbul di masyarakat seakan hanya Indonesia yang mengalami resesi dan menyalahkan pemerintah," jelas Amir.

Amir juga menyayangkan kurangnya informasi pembanding terkait situasi negara lain yang kondisinya lebih parah dari Indonesia. Hal ini, menurutnya, membuat masyarakat digiring untuk menganggap pemerintah gagal.

"Sangat kurang info berimbang terutama melalui medsos terkait kondisi negara lain yang jauh lebih parah dari Indonesia, sehingga masyarakat digiring untuk menganggap pemerintah gagal dalam pemulihan ekonomi dan penanganan COVID-19," ucap Amir.

Diketahui, Litbang Kompas merilis survei dengan hasil lebih banyak responden yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf. Survei Litbang Kompas dilakukan lewat telepon pada 14-16 Oktober 2020 terhadap 529 responden di 80 kota/kabupaten di 34 provinsi. Jumlah responden ditentukan secara proporsional dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 4,3 persen.

Responden ditanya 'Secara umum, puas atau tidakkah Anda dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin satu tahun terakhir ini?' Berikut hasilnya:
Sangat puas: 5,5%
Puas: 39,7%
Tidak puas: 46,3%
Sangat tidak puas: 6,2%
Tidak tahu: 2,3%

Bila dikelompokkan, berarti ada 45,2 persen responden yang puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf dan 52,5 persen tidak puas.

(hel/zak)