Massa Demo Mulai Berdatangan, TransJ Setop Layani 6 Rute

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 14:49 WIB
Sejumlah massa menggelar aksi unjukrasa di kawasan sekitar Patung Kuda, Jakarta, Senin (30/09/2019).
Halte Monas TransJakarta pun langsung ditutup dan tidak beroperasi. Sejumlah rute TransJakarta (TransJ) pun dialihkan karena jalan di sekitar lokasi aksi ditutup.
Ilustrasi Halte Monas (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

TransJakarta menghentikan kegiatan operasional sejumlah layanan. Hal itu dilakukan sebagai imbas dari adanya aksi unjuk rasa yang digelar di kawasan Jakarta Pusat.

"Sehubungan dengan adanya kegiatan aksi massa yang digelar hari ini di sekitar Patung Kuda, Monas, dan sekitarnya, beberapa layanan TransJakarta kembali dihentikan sementara menyusul beberapa rute yang operasionalnya sudah kami hentikan sebelumnya pada pukul 13.20 WIB," ujar Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (20/10/2020).

Prasetia mengatakan penghentian sejumlah layanan TransJakarta itu lantaran mulai padatnya massa demo di sekitar lokasi.

"Pemberhentian beberapa operasional layanan TransJakarta ini dilakukan mengingat mulai padatnya massa di sekitar lokasi," ujarnya.

Adapun layanan TransJakarta yang dihentikan yaitu:

1. Koridor 1 (Blok M - Kota)
2. Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni)
3. 9D (Pasar Minggu-Tanah Abang)
4. 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang)
5. 1R (Senen-Tanah Abang )
6. 1H (Tanah Abang-Gondangdia)

"Selain rute-rute di atas, operasional kami masih berjalan normal dan beberapa beroperasi dilakukan dengan modifikasi. TransJakarta juga bekerja sama dengan pihak Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional TransJakarta hari ini," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah rute dimodifikasi. Modifikasi rute itu karena adanya penutupan jalan imbas demo.

Prasetia mengungkapkan, layanan TransJakarta akan kembali normal jika kondisi dan situasi sudah kondusif. Selain itu, jika lalu lintas di sekitar kawasan yang digelar unjuk rasa sudah bisa dilintasi armada bus.

"Untuk itu, kami mengimbau para pelanggan yang akan melakukan aktivitas untuk selalu berhati-hati di jalan, tetap waspada, dan selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga," kata Prasetia.

Tonton video 'Aksi Teatrikal Mahasiswa Warnai Demo Omnibus Law di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)