TransJ Modifikasi Sejumlah Rute Imbas Demo di Monas, Ini Daftarnya

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 09:05 WIB
Halte TransJakarta Monas nampak sepi karena tak beroperasi. Halte itu ditutup sementara untuk mengantisipasi terjadinya aksi di area sekitar Bawaslu.
Ilustrasi Halte Monas (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

TransJakarta memodifikasi sejumlah rutenya. Modifikasi rute itu dilakukan sebagai imbas dari rencana aksi unjuk rasa yang bakal digelar di sekitar kawasan Monas.

"Terkait dengan adanya kegiatan aksi massa yang rencananya akan berlangsung hari ini di sekitar kawasan Patung Kuda, Monas dan sekitarnya," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Prasetia Budi, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/10/2020).

Adapun modifikasi yang diberlakukan yaitu:

1. Koridor 1 (Blok M-Kota)
Mengalami pengalihan rute sebagai berikut:
Arah Kota
Blok M - Sarinah - Lampu Merah Sarinah - keluar jalur -Lampu Merah Bank Indonesia - belok kiri - Jl Kebon Sirih - Hotel Milenium belok kiri - Jl Fachrudin belok kanan - Jati Baru lurus - Jl Cideng Barat - Lampu Merah Tarakan belok kanan - Halte Petojo - Lampu merah Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota.

Arah Blok M
Kota - Harmoni - Lampu Merah Harmoni - belok kanan - lurus arah Tomang - Halte Petojo keluar jalur - Lampu merah Tarakan belok kiri - Jl Cideng Timur - Jl.Jati Baru belok kiri - Hotel Tugu Asri - Lampu merah Hotel Milenium - lurus - Jl Kebon Sirih - Lampu merah Bank Indonesia - belok kanan - Halte Sarinah - Blok M

Halte yang tidak melayani:
- Halte Monas
- Halte Bank Indonesia (BI)

2. Rute 6A (Ragunan-Monas via Kuningan) dan Rute 6B (Ragunan-Monas via Semanggi)
Mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Tosari.

Halte yang tidak melayani
- Halte Bundaran HI
- Sarinah
- Halte Bank Indonesia
- Halte Monas

3. Rute 1A (PIK-Balai Kota)
Mengalami perpendekan rute menjadi PIK-Kota.

Halte yang tidak melayani:
- Glodok
- Olimo
- Mangga Besar
- Sawah Besar
- Harmoni
- Monas
- Bus Stop Balai Kota

"Selain rute-rute di atas, operasional kami masih berjalan normal. TransJakarta juga bekerja sama dengan pihak Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan, baik pelanggan, petugas di lapangan, dan keberlangsungan operasional TransJakarta hari ini," ujar Prasetia.

Prasetia mengungkapkan, layanan TransJakarta akan kembali normal jika kondisi dan situasi sudah kondusif. Selain itu, jika lalu lintas di sekitar kawasan Monas sudah bisa dilintasi armada bus.

"Untuk itu, kami menghimbau bagi para pelanggan yang akan melakukan aktivitas untuk selalu berhati-hati di jalan, tetap waspada dan selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga," lanjutnya.

(mae/fjp)