Gubsu Cek Banjir Rob di Belawan: Lahan Bakau Ditempati Orang, Ekosistem Rusak

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 13:07 WIB
Edy Rahmayadi cek lokasi banjir rob di Medan Belawan (Ahmad Arfah-detikcom)
Edy Rahmayadi mengecek lokasi banjir rob di Medan Belawan. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir rob di Medan Belawan, Medan. Edy mengatakan rob merupakan peristiwa alam. Ia juga menyebut tempat tinggal warga akan ditertibkan.

"Ya harus dibenahi, bukan menanggulangi banjir. Banjir itu adalah rob, rob itu ada satu peristiwa alam yang terjadi. Apa pun yang kita lakukan, kita tak bisa bendung itu. Tapi yang bisa (kita lakukan), rakyat-rakyat ini yang kita tertibkan," kata Edy di Medan Belawan, Medan, Selasa (20/10/2020).

Edy mengatakan permukiman di lokasi tersebut sebenarnya lahan hutan bakau. Ekosistem di wilayah itu, kata Edy, rusak gara-gara lahan hutan bakau ditempati orang.

"Bukan berada di posisi-posisi hijau, jalur hijau, karena ini sebenarnya lahan hutan bakau ditempati orang-orang ini. Sehingga semua terganggu ekosistem kita," ujarnya.

Lokasi yang didatangi Edy adalah permukiman warga di Jalan Besar Bagan Deli. Dari atas jembatan, Edy sempat melihat rumah-rumah warga yang berada di pinggir muara. Lokasi ini yang dimaksud Edy merupakan lokasi hutan bakau.

Edy terlihat datang bersama Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho. Terlihat juga sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Sumut dan Medan yang ikut bersama Edy.

Kembali ke Edy. Dia belum menjelaskan detail bagaimana penertiban permukiman warga di wilayah itu. Menurutnya, warga yang tinggal di kawasan tersebut berjumlah puluhan ribu.

"Nanti dulu, dipelajari dulu, jumlahnya puluhan ribu (orang) ini, bukan sedikit. Yang pastinya dicarikan jalan keluarnya," jelasnya.

(haf/haf)