Prof. Wiku: Ada Vaksin Bukan Berarti Tidak Jalani Protokol Kesehatan

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 10:21 WIB
Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: detikcom
Jakarta -

Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan vaksin yang kini tengah disiapkan oleh pemerintah nantinya bakal memberikan perlindungan bagi masyarakat. Namun, ia mengingatkan masyarakat agar serta merta tidak menjalankan protokol kesehatan, mengapa begitu?

Di masa pandemi saat ini, lanjut Prof Wiku, berbagai negara tengah mempelajari tentang penyakit yang telah menyebar ke seluruh dunia ini. Sehingga menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan harus tetap dilakukan walaupun nantinya vaksin sudah siap untuk diberikan.

"Maka tidak serta merta dengan adanya vaksin terus kita tidak menjalankan protokol kesehatan. Protokol kesehatan itu tetap harus dilakukan," tegas Prof Wiku dalam talkshow yang disiarkan langsung di YouTube BNPB, Senin (19/10/2020).

Menurutnya untuk meningkatkan imunitas tubuh tidak hanya dengan melakukan vaksinasi. Masyarakat bisa mendapatkannya dari istirahat yang cukup, olahraga yang cukup dan mengonsumsi makanan seimbang.

"Karenanya imunitas akan tinggi jadi proteksinya double. Kita sendiri terlindungi dengan protokol kesehatan, dan kalau nanti ada vaksin terlindungi lagi," tutur Prof Wiku.

Ia juga mengingatkan masyarakat juga harus secara kolektif terlindungi agar dapat beraktivitas secara normal baik itu sosial maupun ekonomi. Tetapi, Prof Wiku juga tetap mewanti-wanti karena banyak dari masyarakat yang belum tahu efektivitas dari protokol kesehatan yang dipadukan dengan vaksin.

"Karena kita sama-sama belum tahu, kalau nanti terjadi efektivitas dari protokol kesehatan dan vaksin itu jadinya seperti apa. Mari kita belajar bersama dan kita hadapi bersama semuanya," pungkasnya.

Guna mencegah penyebaran COVID-19, masyarakat juga diimbau selalu #IngatPesanIbu seperti halnya yang dikampanyekan Satgas COVID-19, yakni dengan menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak).

(ega/ega)