Jokowi Ucapkan Selamat ke PM Jacinda Ardern yang Menang Pemilu Selandia Baru

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 08:07 WIB
Presiden Jokowi unggah foto bersama Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern.
Presiden Jokowi unggah foto bersama Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern. (Dok. Akun Twitter resmi Presiden Jokowi)
Jakarta -

Partai Buruh yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern menang telak dalam pemilihan umum Selandia Baru. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan ucapan selamat.

"Warmest congratulations to Prime Minister Jacinda Ardern @jacindaardern of New Zealand for your victorious re-election. (Selamat kepada Perdana Menteri Jacinda Ardern @jacindaardern atas kemenangan Anda dalam pemilihan umum Selandia Baru)," tulis Jokowi dalam akun Twitternya, seperti dilihat pada Selasa (20/10/2020).

Dengan kemenangan Jacinda Ardern, Jokowi berharap hubungan persahabatan dan kerja sama antara RI dan Selandia Baru bisa terjalin lebih baik.

"Looking forward to working closer with you in further strengthening friendship and cooperation between our two great nations. (Menantikan hubungan kerja lebih dekat dengan Anda dalam memperkuat persahabatan dan kerja sama antara kedua negara besar kita)," sambung Jokowi.

Sebelumnya, kemenangan Jacinda Ardern dalam pemilihan umum Selandia Baru diketahui pada Sabtu (17/10) lalu. Kemenangan telak ini berarti Ardern (40) dapat membentuk pemerintahan partai tunggal pertama dalam beberapa dekade, dan menghadapi tantangan untuk mewujudkan transformasi progresif yang dijanjikannya yang gagal diwujudkannya pada masa jabatan pertama.

"Selandia Baru telah menunjukkan dukungan terbesarnya bagi Partai Buruh dalam hampir 50 tahun," kata Ardern kepada para pendukungnya setelah kemenangan telaknya.

"Kami tidak akan meremehkan dukungan Anda. Dan saya berjanji kepada Anda bahwa kami akan menjadi partai yang memerintah setiap orang Selandia Baru," imbuhnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (17/10).

(idn/azr)