Round-Up

Aksi Jambret Pesepeda Viral di Menteng Berakhir di Tangan Polisi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 07:00 WIB
Polisi tangkap jambret di Menteng.
Polisi tangkap jambret di Menteng. (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap komplotan penjambret yang menyasar pesepeda di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dalam kejadian ini, korban dan pelaku sempat tarik-menarik tas korban.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, kedua pelaku mengincar pesepeda. Mereka mengikuti korban dan begitu korban lelah, keduanya menarik ponsel milik korban.

"Modus sederhana, dia (pelaku) ikutin pesepeda, lihat tempat yang dikira nyaman untuk dia lakukan aksi, dia penjambretan, dia kabur," kata Heru saat konferensi pers di pos polisi Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakpus, Senin (19/10/2020).

Usai melakukan aksinya, para pelaku menjual handphone secara online di media sosial.

"HP langsung dijual, dijual online, kemudian barang-barang tersebut langsung dijual untuk kebutuhan sehari-hari," ujar Heru.

Dua pelaku yang ditangkap dari kasus penjambretan ini adalah SH (26) dan AR (41). Keduanya ditangkap Kamis (15/10) kemarin saat melakukan aksi penjambretan handphone milik korban, Setyawan, di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakpus. Keduanya mencari sasaran di Jalan MH Thamrin.

"Pelaku AR sebagai joki yang mengendarai sepeda motor mulai mendekati korban. Saat di dekat korban, pelaku SH langsung merampas handphone milik korban," kata Heru.

Namun, kata Heru, korban yang sadar handphone-nya akan dirampas langsung berusaha mempertahankan barangnya. Tarik-menarik pun terjadi antara pelaku dan korban.

Selanjutnya
Halaman
1 2