Wamenag Sebut Kondisi Hamzah Haz Kembali Stabil: Masih di ICU, Mohon Doa

Herianto Batubara - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 16:14 WIB
Zainut Tauhid (Farih Maulana/detikcom)
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz diisukan telah meninggal dunia siang tadi. Namun Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi memastikan isu tersebut tidak benar.

Zainut, yang juga politikus PPP, menyatakan memang pagi tadi kondisi Hamzah Haz sempat menurun. Namun setelah mendapatkan penanganan dari dokter, kondisi Hamzah Haz kembali stabil.

"Informasi dari ADC, beliau alhamdulillah kondisi Pak Hamzah Haz stabil kembali setelah tadi padi agak drop," kata Zainut saat dikonfirmasi, Senin (19/10/2020) pukul 15.46 WIB.

"Informasinya, beliau masih di ruang ICU, mohon doanya saja semoga lekas sembuh," sambungnya.

Pihak PPP juga meluruskan adanya isu Hamzah Haz meninggal. Di grup WhatsApp, juga di media sosial, termasuk Twitter, memang ada sejumlah akun mencuitkan isu meninggalnya Hamzah Haz. Diisukan Hamzah Haz meninggal dunia pada Senin, 19 Oktober 2020 pukul 13.45 WIB tadi. Namun anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PPP Arsul Sani membantah isu tersebut.

"Ajudannya telepon ajudan saya, beliau (Hamzah Haz) masih hidup," kata Arsul saat dikonfirmasi, Senin (19/10).

Politikus PPP Achmad Baidowi sebelumnya juga bicara soal kondisi terkini Hamzah Haz. Saat ini Hamzah Haz masih dalam perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Mohon doanya," katanya.

Hamzah Haz saat ini dirawat di RSPAD. Dia disebut mengalami gangguan organ. Per Jumat 15 Oktober lalu, Hamzah Haz sudah diberikan alat bantu pernapasan. Saat itu kondisinya disebut terkontrol.

(hri/tor)