Langgar Etik, Ketua dan Hakim PN Palembang Dijatuhi Sanksi

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 15:25 WIB
PN Palembang (Raja Adil-detikcom)
Foto: PN Palembang (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Sebanyak 52 hakim dijatuhi sanksi disiplin sepanjang September 2020. Salah satunya hakim sekaligus Ketua PN Palembang, Bombongan Silaban.

Sanksi itu tertuang dalam daftar hukuman disiplin yang dilansir situs Mahkamah Agung (MA), Senin (19/10/2020). Tercatat satu ada hakim dijatuhi hukuman etik berat, 8 hukuman etik sedang dan sisanya dijatuhi sanksi ringan.

Khusus perihal PN Palembang, tercatat ada tiga hakim dikenakan sanksi disiplin. Tiga hakim itu adalah Ketua PN Bombongan Silaban bersama dua hakim lain yakni ES dan SS. Untuk SS kini telah pindah tugas.

Bongbongan dalam putusan sidang disiplin dikenakan sanksi sedang, yakni penundaan kenaikan pangkat 1 tahun. Sedangkan dua hakim lain dikenakan sanksi ringan berupa teguran tertulis.

Bombongan Silaban yang ditemui setelah sidang perdata di ruangan sidang Sari PN Palembang mengelak. Ia mengaku tengah sibuk dan pilih pergi untuk makan siang.

Sementara Humas PN Palembang, Abu Hanifa mengakui ada tiga hakim dijatuhi hukuman disiplin. Namun Abu Hanifa tak menyebut alasan ketiga hakim dijatuhi hukuman disiplin.

"Ada sedang, ada ringan. PN Palembang di situ kan ada 3 (dijatuhi hukuman disiplin). Ya apakah itu pemeriksaan yang lalu atau tidak saya tidak tahu," kata Abu.

(ras/aud)