KSP: Seruan Habib Rizieq itu Seruan Penggulingan Kekuasaan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 07:47 WIB
Donny Gahral.
Tenaga Ahli Utama KSP, Donny Gahral Adian (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Habib Rizieq Syihab disebut bakal memimpin revolusi akhlak jika tiba di Indonesia. Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menyebut seruan-seruan Habib Rizieq dinilai tidak mencerminkan revolusi akhlak.

"Ya revolusi akhlak ya harus tidak dengan kekerasan... kalau memang revolusi akhlak, gerakan moral. Kan kita tahu bagaimana seruan Habib Rizieq ya itu bukan seruan-seruan revolusi akhlak, itu seruan penggulingan kekuasaan. Jadi tidak konsisten antara jargon yang dipakai dengan revolusi akhlak yang kita baca di sosial media dengar dari berita," kata Tenaga Ahli Utama KSP, Donny Gahral Adian, saat dihubungi, Minggu (18/10/2020).

Ia menyebut pemerintah akan menyambut revolusi akhlak itu jika dilakukan dengan benar dan bertujuan memperbaiki moral. Namun, menurut dia, jika revolusi akhlak dilakukan dengan kekuatan untuk memaksakan kehendak, hal itu akan ditentang.

"Jadi saya kira kalau memang betul revolusi akhlak kita sambut dengan baik itu artinya untuk perbaikan moral, silakan saja. Tapi, kalau gerakan inkonstitusional, apalagi dengan gerakan massa untuk memaksakan kehendak, saya kira jauh dari revolusi akhlak, kalau jalur moral itu bagus tapi kalau jalur politik menggunakan kekuatan untuk memaksakan kehendak itu yang jadi masalah," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Umum FPI Munarman mengungkapkan makna revolusi yang akan dipimpin Habib Rizieq Syihab jika tiba di Indonesia. Munarman menyebut revolusi itu adalah revolusi akhlak.

"Soal pernyataan bahwa Habib Rizieq akan pimpin revolusi, saya juga mau katakan sekarang ini Pak Jokowi mengatakan revolusinya adalah revolusi mental, kenapa ketika Habib Rizieq mengeluarkan kata revolusi, memimpin revolusi itu dipersoalkan? Jadi secara per definisi, revolusi itu adalah perubahan yang cepat itu yang dimaksud, perubahan cepat dalam soal apa? Kalau rezim Pak Jokowi dengan pimpinan Pak Jokowi membuat slogan revolusi mental, maka Habib Rizieq menyuarakan, dan membawa, serta akan memimpin revolusi akhlak," kata Munarman, seperti dilihat di YouTube Front TV, Minggu (18/10/2020).

Munarman menjelaskan, revolusi akhlak itu mengubah perilaku agar meneladani sikap Nabi Muhammad SAW. Dia mencontohkan revolusi akhlak seperti mengubah perilaku orang yang tadinya sering berbohong menjadi tidak berbohong dan yang tadinya sering meninggalkan salat jadi sering salat.

"Akhlak seperti apa? Menjadi akhlak kepada Rasulullah, akhlak yang berdasarkan Al-Qur'an dan Assunnah, akhlak yang dari orang suka bohong direvolusi jadi tidak bohong, orang yang tidak suka salat menjadi orang yang suka salat, orang yang suka khianat jadi tidak khianat, itu yang mau diajak oleh Habib Rizieq, revolusi orang yang terjajah menjadi tidak tertindas, orang yang dizalimi jadi orang yang bebas dari penzaliman," jelasnya.

Pernyataan soal Habib Rizieq akan memimpin revolusi pertama kali diucap oleh Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis. Sahbri menyebut Habib Rizieq akan segera pulang ke Indonesia dan memimpin revolusi.

Tonton video 'Dubes Agus Vs FPI, PKB: Dia Justru Senang Kalau Habib Rizieq Pulang':

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/rfs)