Bulan Rabiul Awal: Kelahiran Nabi Muhammad dan Amalan-amalannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 06:20 WIB
One Day One Hadits tentang istighfar Nabi Muhammad
Foto: Andhika A/detikcom
Jakarta -

Rabiul Awal 1442 H bertepatan pada hari Minggu tanggal 18 Oktober 2020. Bulan Rabiul Awal adalah bulan setelah bulan Safar dan sebelum Rabiul Akhir. Rabiul Awal dikenal juga dengan bulan Maulid yang disebut juga bulan kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Bulan Rabiul Awal juga merupakan bulan lahirnya Rasulullah. Kelahiran Nabi Muhammad menjadi rahmat yang dapat menjauhkan kita dari berbagai kehancuran dan bermacam-macam bahaya baik di dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus." (As-Syura: 52).

Bulan Rabiul Awal tidak hanya menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad Saw tetapi juga wafatnya Rasulullah.

Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya kamu akan mati dan juga mereka akan mati." (Az-zumar: 30).

Dan ayat lain disebutkan:

"Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad) maka jikalau kamu mati apakah mereka akan kekal?." (Al-Anbiya: 34).

Amalan-amalan Kaum Muslim di Bulan Rabiul Awal yang dilansir dalam buku "Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah" oleh Siti Zamratus Sa'adah:

1. Memperbanyak Sholawat

Amalan yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim di bulan Rabiul Awal adalah memperbanyak sholawat serta salam untuk Rasulullah SAW.

Adapaun sholawat yang paling utama dan baik untuk dibiasakan adalah sholawat Al-Ibrahimiyah:

"Ya Allah, berikanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarganya sebagaimana engkau telah memberi sholawat kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya dan berilah keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarganya, sebagaimana engkau telah memberi keberkahan kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha terpuji dan Yang Mulia." (Al-Bukhari, Ash-Shahih (4/146)).


2. Mengingat dan Mendengar Kisah Kelahiran Rasulullah Saw

Di bulan Rabiul Awal kita tentu perlu mengenang kisah kelahiran yang sangat mulia. Agar keberkahan dan kemuliaan senantiasa menyelimuti kehidupan kita. Bersedekah, membaca kembali kisah kelairan Rasulullah Saw dan menampakkan kegembiraan juga perlu kita lakukan.

Mengapa kita memperingati maulid Nabi:

Maulid nabi menjadi suatu ada yang sangat baik untuk menunjukkan kecintaan yang dalam kepada Rasulullah serta sebagai ungkapan rasa cinta dan syukur atas kelahiran sang penerang dunia.

Allah SWT telah memerintahkan kita untuk bergembira atas rahmat yang Allah berikan kepada kita. Sedangkan Rasulullah ialah rahmat yang paling mulia dan berharga.

Allah SWT telah berfirman:

"Kita tidak mengutusmu kecuali sebagai rahmat bagi semua yang ada di alam semesta." (Al-Anbiya: 107.

Yuk kita sambut bulan Rabiul Awal dengan menjalankan amalan-amalan sesuai dengan anjuran ajaran Islam.

(lus/erd)