Ambulans Terseret Rusuh

Cerita Tokoh Dunia Pernah Jadi Sopir Ambulans: Disney Hingga Hemingway

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 15:02 WIB
Walt Disney saat masih menjadi sopir ambulans (Palang Merah AS)
Foto: Walt Disney saat masih menjadi sopir ambulans (Palang Merah AS)
Jakarta -

Ambulans sudah beberapa kali terseret isu demo rusuh di Indonesia. Terlepas dari hal itu, pekerjaan sopir ambulans ialah pekerjaan mulia. Bahkan, sejumlah orang-orang terkenal pernah menajalani profesi ini.

Sebagaimana dilansir dari situs resmi Palang Merah AS, ambulans lahir dari situasi perang. Ambulans bahkan mempunya peran sangat penting dalam menyelamatkan para korban perang selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Bahkan, beberapa orang terkenal--dari mulai penulis hingga pengusaha--pernah menjalani profesi sebagai sopir ambulans selama Perang Dunia I. Berikut ini daftarnya:

Walt Disney

Siapa sangka, sebelum dikenal sebagai animator terkenal, Walt Disney pernah menjadi sopir ambulans pada Perang Dunia I. Saat itu, pada tahun 1917 AS dilanda perang. Kakak laki-laki Walt Disney mendaftar, tetapi Walt yang berusia 16 tahun ditolak mendaftar karena usianya.

Disney bertekad untuk ikut. Ketika seorang teman mengetahui bahwa Korps Ambulans Palang Merah akan menerima sukarelawan yang berusia 17 tahun, Disney menggunakan keahlian artistiknya untuk mengubah tanggal lahir pada aplikasi paspornya dari "1901" menjadi "1900" sehingga dia dapat pergi dan melayani negaranya.

Karena dia belum meninggalkan AS hingga perang berakhir, Disney tidak pernah memenuhi keinginannya untuk menjadi pengemudi ambulans resmi. Dia tidak pernah mengalami kekejaman dan bahaya yang dihadapi sebagian besar pengemudi ambulans.

Disney pertama kali ditempatkan di sebuah istana di St Cyr. Kemudian, ia dipindahkan ke Rumah Sakit Evakuasi Nomor 5 dekat Paris, di mana tugasnya termasuk menjadi sopir dan mekanik untuk truk pemasok Palang Merah dan menyediakan layanan taksi untuk perwira militer. Di sela-sela tugasnya itulah, dia menciptakan karakter-karakter kartun Disney.

Tonton juga 'Inggris Uji Coba Layanan Ambulans 'Iron Man'':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2