Ambulans Terseret Rusuh

Ordo Saint John, Pelopor Konsep Layanan Ambulans Sejak Perang Salib

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 11:55 WIB
Ambulans St John (ABC Australia)
Foto: Ambulans St John (ABC Australia)
Jakarta -

Ambulans terseret isu kerusuhan dalam demo tolak UU Cipta Kerja. Dalam sejarahnya, layanan ambulans dipelopori oleh Ordo Saint John sejak zaman Perang Salib.

Dilansir dari situs Northamptongeneral.nhs.uk konsep layanan ambulans dimulai di Eropa dengan dipelopori oleh Knights of St. John. Selama Perang Salib di abad ke-11, para Ksatria St. John menerima instruksi dalam perawatan pertolongan pertama korban perang, dari dokter Arab dan Yunani dan bertindak sebagai pekerja darurat pertama. Mereka merawat tentara dari kedua sisi perang. Mereka juga memberikan perawatan kepada para peziarah yang miskin, sakit dan terluka.

Selanjutnya, dikutip dari laman stjohn.org.nz, Ordo Saint John ini membangun markas di Yerusalem sekitar tahun 1070. Rumah perawatan segera berkembang menjadi rumah sakit dan pada 1113. Selama empat puluh tahun berikutnya, organisasi itu berkembang menjadi tatanan religius dan militer, dengan anggotanya (umumnya dikenal sebagai Hospitallers of St John atau Knights Hospitallers) yang memberikan perawatan kepada orang miskin dan orang sakit dari agama apa pun.

Namun, Ordo tersebut diusir dari Yerusalem pada 1187 dan mendirikan markas besarnya di pantai Palestina, sebelum pindah ke Siprus dan kemudian ke Rhodes. Pada 1530 ia pindah ke Malta, sampai diusir oleh Napoleon pada 1798. Namun, Ordo ini akhirnya berkembang pesat di Eropa.

Ketika memasuki era revolusi industri pada abad ke-19, banyak pekerja yang kerap mengalami kecelakaan kerja. Banyak pekerja yang tak tertangani karena sulit mendapatkan perawatan dokter tepat waktu.

Anggota Ordo Inggris ingin mencari cara untuk membantu. Mereka memutuskan untuk melatih orang biasa agar bisa melakukan pertolongan pertama sehingga korban kecelakaan dapat ditangani dengan cepat di tempat, dan pada tahun 1877 mereka mendirikan St John Ambulans untuk melakukan ini. Inilah cikal bakal layanan ambulans di dunia.

Tonton juga 'Inggris Uji Coba Layanan Ambulans 'Iron Man':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2