Prabowo Juga Teken MoU Pencarian Tentara AS Hilang di RI Saat Perang Dunia II

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 06:44 WIB
Tahun 2019 ini diwarnai rematch dan manuver elite politik yang mengejutkan. Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto yang semula bersaing sengit kemudian bersatu di kabinet baru.
Menhan RI Prabowo Subianto (Foto: Dok)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, bertemu dengan Menhan Amerika Serikat (AS), Mark T Esper di Pentagon, Washington AS. Keduanya meneken nota kesepakatan (Memorandum of Understanding atau MoU) untuk upaya pencarian tentara AS yang hilang di Indonesia saat perang dunia ke-2.

"Untuk memulai kembali pekerjaannya di Indonesia untuk memulihkan sisa-sisa personel AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia II," demikian keterangan dari laman resmi Kementerian Pertahanan AS yang dikirim oleh juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, Sabtu (17/10/2020).

"Kedua pemimpin ini menyatakan simpati kepada mereka yang terkena COVID-19 di Amerika Serikat dan Indonesia," sambung pernyataan dari website itu.

Lebih jauh, pertemuan Prabowo dan Esper juga membahas terkait pertahanan bilateral dan keamanan maritim. Prabowo mengungkap soal pentingnya keterlibatan militer di semua tingkatan pertahanan negara. Selain itu, Prabowo juga menyampaikan penghargaannya atas dukungan AS terkait modernisasi pertahanan Indonesia.

"Kedua pemimpin berbagi keinginan mereka untuk meningkatkan kegiatan militer bilateral dan bekerja sama dalam keamanan maritim," tulis dalam website tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2