Round-Up

Akhir Tragis Cai Changpan: Lari dari Jeruji Besi, Tewas Bunuh Diri

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 05:09 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan, napi Lapas Tangerang yang kabur. (Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri)

Bekas lubang galian tersebut kemudian ditutupi tempat tidur agar tidak menimbulkan kecurigaan. Aktivitas itu dia lakukan setiap hari pada malam hari hingga pagi.

"Ini tempat tidur dia geser tempat tidur, baru dilubangi, setelah sudah gali tanah dia tutup lagi. Tempat tidur 2 tingkat, dia geser, gali, dan tutup lagi itu selama 8 bulan dia lakukan," ucapnya.

Setelah berhasil meloloskan diri, Cai Changpan kemudian pergi menemui istrinya di Tenjo, Kabupaten Bogor. Dia lalu bersembunyi di Hutan Tenjo, Kabupaten Bogor.

Polisi meyakini keberadaan Cai Changpan di dalam Hutan Tenjo itu berdasar keterangan saksi dan juga istrinya. Sejumlah warga pernah melihat Cai Changpan keluar dari dalam hutan untuk membeli makanan.

Polisi pun menyisir Cai Changpan dengan mengerahkan Brimob hingga anjing pelacak (K-9). Cai Changpan bertahan selama sebulan di dalam hutan sebelum akhirnya ditemukan bunuh diri.

"Memang Cai Changpan sebelum berurusan dengan aparat berwajib waktu tinggal di Tenjo sering melakukan perburuan di dalam (hutan), jadi dia menghafal, dia hafal hutan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (3/10/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3