KPU Batalkan Pencalonan Bupati Ogan Ilir, Kubu Lawan Anggap Sudah Tepat

Raja Adil Siregar - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 12:49 WIB
Konferensi pers palon bupati-wabup Ogan Ilir, Panca-Ardani (Raja-detikcom)
Konferensi pers calon bupati-wabup Ogan Ilir, Panca-Ardani (Raja/detikcom)
Ogan Ilir -

KPU Ogan Ilir membatalkan pencalonan pasangan Ilyas-Endang dalam Pilkada 2020. Kubu lawan mereka, Panca Wijaya-Ardani, menilai keputusan KPU Ogan Ilir sudah tepat.

Ketua Tim Advokasi Panca-Ardani, Dhabi Gumairah, menilai pembatalan tersebut merupakan akibat dari tindakan calon bupati petahana tersebut menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan kedinasannya terkait kepentingan pilkada.

"Dengan begini, Pilkada Ogan Ilir menjadi tidak fair dan tidak demokratis. Karena itu, menurut kami, pembatalan paslon tersebut adalah tepat agar pilkada tahun ini berjalan jujur dan adil," kata Dhabi, Jumat (16/10/2020).

Paslon yang didukung NasDem, PAN, Demokrat, PPP, PKS, PKB, Perindo, dan Berkarya ini menuding salah satu pelanggaran yang dilakukan pihak Ilyas adalah memakai program tanggap darurat COVID-19 sebagai alat kampanye. Selain itu, Dhabi menuding ada pelanggaran terkait pelantikan pengurus Karang Taruna hingga penggantian pejabat.

"Selanjutnya kegiatan kedinasan pelantikan pengurus Karang Taruna di Ogan Ilir untuk mensosialisasikan pencalonannya. Ketiga soal penggantian pejabat 6 bulan sebelum masuk tahapan pilkada," katanya.

"Karena itu, kami tim advokasi dari paslon Panca-Ardani menilai putusan KPU Ogan Ilir dan Bawaslu Ogan Ilir ini telah tepat dan benar serta telah memenuhi rasa keadilan masyarakat," sambungnya.

Tonton juga video '9 Provinsi Penyelenggara Pilkada Paling Rawan Penularan Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2