Ambulans Terseret Rusuh

Ambulans Terseret Demo Rusuh, Ternyata Begini Awal Sejarahnya di Dunia

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 08:07 WIB
Misericordia di Firenze, ambulans era kuno, pelukisnya anonim. (Harvey Cushing/John Hay Whitney Medical Library)
Misericordia di Firenze, 'ambulans' era kuno, pelukisnya anonim. (Harvey Cushing/John Hay Whitney Medical Library)
Jakarta -

Sudah dua kali dalam demo besar di Indonesia, ambulans berada di posisi sulit. Pertama pada 2019 dan kedua pada demonstrasi tolak omnibus UU Cipta Kerja baru-baru ini. Sejarah ambulans memang tak bisa dilepaskan dari suasana kekacauan di tengah pertikaian.

Merujuk pada 'The Ambulance: A History' karya Ryan Corbett Bell, ambulans didefinisikan sebagai kendaraan yang secara spesifik digunakan untuk mengantar pasien dari tempat awal ke tempat perawatan.

Ambulans pertama di dunia teridentifikasi sebagai layanan pertolongan pada saat perang. Bentuk pertama tentu saja bukan mobil bermesin. Berikut adalah awal mula sejarah ambulans di dunia.

Bizantium

"Purwarupa pertama muncul pada abad ke-6, ketika Kaisar Bizantium, Mauricius, mengerahkan sistem pengawalan untuk tentara-tentara yang terluka, mengantarkan mereka dari garis depan pertempuran ke tenda bedah," tulis Ryan Corbett.

Mauricius mewariskan catatan pertama soal 'ambulans' dalam karya 'Ars Militaris'. Deskripsinya, sepasukan penunggang kuda ditugaskan pada tiap-tiap kelompok infantri. Mereka bersiaga pada jarak sekitar 200 kaki dari pusat pertempuran. Prajurit yang terluka bakal mendatangi pasukan ini untuk segera diboncengkan kuda dan dibawa ke tenda medis.

Ryan Corbett menyebut ini sebagai ambulans kuda. Tenaga kesehatan berkuda akan diberi satu koin emas untuk tiap satu prajurit yang dirawat di tenda medis.

Simak video 'Demo Ya Demo Aja, Nggak Usah Pake Ngerusak Lah!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2