Rilis Lagu 'Ingat Pesan Ibu', Padi Reborn Ajak Disiplin Protokol Kesehatan

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 14:03 WIB
Padi reborn
Foto: BNPB
Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 terus berupaya mencegah penularan virus COVID-19 dengan mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan. Kali ini, Satgas Penanganan COVID-19 menggandeng grup band Padi Reborn untuk merilis sebuah lagu pendek berjudul 'Ingat Pesan Ibu'.

Adapun lagu ini bertujuan sebagai pengingat masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

"Lagu Ingat Pesan Ibu ini kami harap bisa menjadi bentuk edukasi yang mudah diterima dan mengubah perilaku masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Selalu menerapkan protokol kesehatan 3M jika keluar rumah, ataupun berinteraksi dengan orang lain," ungkap gitaris Satriyo Yudi Wahono dalam keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Dalam proses penciptaan lagu berdurasi sekitar 30 detik ini, para personil Padi Reborn sepakat menggunakan judul 'Ingat Pesan Ibu'. Menurut vokalis Andi Fadly Arifuddin, ibu merupakan sosok yang paling berharga, dihormati, dan dicintai oleh setiap orang.

Lewat judul tersebut, ia ingin agar para pendengar bisa selalu ingat pesan positif yang disampaikan, serta lagu tersebut bisa terasa personal untuk didengar.

"Karena karakter ibu adalah seorang yang benar-benar kita dengarkan, yang doanya tembus hingga langit ke-7. Semua kemuliaan-kemuliaan itu ada di ibu. Pesan ibu itu pasti selalu ingin keluarganya selalu sehat dan doanya pasti terkabul," katanya.

Adapun kerja sama ini diawali dari komunikasi antara Padi Reborn dengan Ketua Bidang Perubahan Perilaku - Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B. Darmadi. Sebagai musisi, Padi Reborn tergerak untuk mendukung sosialisasi penanganan COVID-19 melalui musik.

"Musik adalah bahasa universal. Melalui lagu ini semoga masyarakat menjadi terbiasa dan menjadi kebiasaan positif untuk menerapkan 3M. Karena masing-masing dari kita punya tanggung jawab untuk saling menjaga diri. Dengan menjaga diri, otomatis menjaga orang-orang di sekitarnya. Mudah-mudahan pesan dari lagu ini bisa ditangkap dengan baik oleh semua kalangan dan usia," tutur basis Padi Reborn Rindra Noor.

Gitaris Padi Reborn Ari Tri Sosianto mengungkapkan 'Ingat Pesan Ibu' menjadi lagu berdurasi terpendek dengan proses penciptaan tersingkat yang pernah dibuat. Lagu ini dikemas dengan notasi musik dan aransemen pop yang sederhana, easy listening, bertempo up beat, serta penggunaan lirik yang mudah dicerna.

Bahkan, Ari mengaku mereka hanya menghabiskan waktu satu hari untuk penciptaan lagu dan satu hari lagi untuk proses rekaman. Meskipun cukup singkat, Satgas Penanganan COVID-19 juga ikut terlibat dalam penyusunan setiap kalimat dalam lirik lagu hingga pesan yang disampaikan dirasa tepat.

"Saat menciptakan lagu dan menyusun lirik kami berdiskusi dengan Satgas Penanganan COVID-19. Karena untuk menyesuaikan nada dan liriknya itu tidak mudah. Sempat ada beberapa kali perombakan lirik. Jadi 3M itu yang harus masuk di lirik lagunya," katanya.

Drummer Padi Reborn Surendro Prasetyo menambahkan 'Ingat Pesan Ibu' diciptakan bersama oleh semua personil. Ia mengatakan sehari sebelumnya Fadly sudah memiliki gambaran tentang musik lagu tersebut sehingga hanya tinggal melanjutkan sesi jamming dan workshop.

"Alhamdulillah prosesnya cepat dan lancar. Yang jadi concern kami adalah kalimat harfiah seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, itu yang agak sulit untuk dijadikan lirik lagu. Tantangannya bagaimana supaya bisa nge-blend dengan musiknya. Dan pada akhirnya memang inti pesannya tersampaikan dan cocok sama musiknya," paparnya.

Sebagai informasi, lagu 'Ingat Pesan Ibu' dikemas dalam format video berdurasi 30 detik. Saat ini lagu tersebut sudah dapat dilihat melalui akun Instagram Official @padiband.

Dalam video tersebut, para personil Padi Reborn tampil energik dan kompak mengenakan masker serta menjaga jarak dalam sebuah studio. Video juga menampilkan setiap lirik lagu agar pesannya dapat dengan mudah ditangkap oleh penonton.

(mul/ega)