Dimulai 2019, Progres Proyek Tahap I Revitalisasi TIM Baru 38 Persen

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 11:03 WIB
Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (Matius Alfons/detikcom)
Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Taman Ismail Marzuki (TIM) saat ini tengah direvitalisasi. Proyek tahap I dimulai sejak 2019. Progres proyek tahap I saat ini baru mencapai 38,37 persen.

Manajer Proyek Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Tabah Noekman mengatakan proses pembangunan tahap I saat ini sudah masuk pekan ke-65. Proyek yang dikerjakan adalah gedung parkir dan pos pemadam kebakaran, gedung perpustakaan dan wisma seni, serta Masjid Amir Hamzah.

"TIM kalau dibangun dalam satu fase sulit, karena ini multi-building. Unik sebetulnya. Sebab, semua unsur di TIM ada, mulai pendidikan, seni-budaya, film, teater, dan lain sebagainya," ujar Tabah melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/10/2020).

Tabah mengatakan, progres pengerjaan gedung parkir dan pos pemadam kebakaran sudah 84,84 persen, Gedung perpustakaan dan wisma seni 16,90 persen. Sementara itu, Masjid Amir Hamzah sudah selesai direvitalisasi.

Diketahui, proses revitalisasi TIM dimulai pada Juni 2019 dan membutuhkan tiga tahap pengerjaan. Revitalisasi tahap pertama yang dilaksanakan pada Juni 2019 akan dimulai dari area pintu masuk, Masjid Amir Hamzah, dan gedung perpustakaan.

Proyek tahap pertama mulainya ditargetkan beroperasi pada Desember 2019 dan gedung perpustakaan mulai beroperasi setahun berikutnya pada Desember 2020.

Tahap kedua dimulai Januari 2021. Ada wisma TIM, asrama mahasiswa dan seniman, gedung Planetarium, Galeri Cipta II, Gedung PDS HB Jassin, dan Graha Bhakti Budaya yang ditargetkan selesai Juni 2021.

(man/aik)