Round-Up

Prihatin MUI Gegara Viral 2 Wanita Joget di Masjid Ikon Wisata Halal

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 22:07 WIB
Logo MUI
Logo MUI (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Padang -

Video sejumlah wanita joget-joget di sebuah masjid di Sumatera Barat (Sumbar) viral di media sosial (medsos). Video tersebut dikritik keras oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang.

Dalam video berdurasi 9 detik, terlihat ada empat wanita dan dua anak-anak. Tampak ada dua wanita yang berjoget-joget dengan gerakan yang sama dan menghadap ke arah yang sama.

Video tersebut diduga dibuat di Masjid Al-Hakim, Pantai Padang, Sumbar. Masjid yang dibangun dengan gaya Taj Mahal tersebut baru dibuka pada September 2020 lalu. Masjid Al-Hakim menjadi ikon wisata halal di Sumbar.

Atas beredarnya video itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Padang Prof Duski Samad angkat suara. Duski mengaku prihatin terhadap wanita joget-joget di masjid tersebut. Menurut dia,perbuatan tersebut indikasi kemerosotan moral.

"Jadi ruang publik kita sekarang bukan hanya dihebohkan politik, bukan hanya dihebohkan pandemi, tapi juga dihebohkan krisis moral. Itu indikasi dari krisis moral. Jadi dari kemerosotan moral anak-anak kita," kata Duski saat dihubungi, pada Kamis 15 Oktober 2020.

Duski mengimbau agar pengunjung masjid bisa sensitif dalam melakukan kegiatan karena masjid merupakan tempat ibadah.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat menggunakan media sosial secara bijak.

"Sebenarnya tidak hanya dari sudut agama, dari segi kearifan lokal saja, rumah ibadah mesti dijaga. Jadi soalnya itu adalah persauran antara kemajuan dengan kemerosotan akhlak, menyangkut peradaban itu," kata Duski.

Duski juga meminta masyarakat saling mengingatkan. Dia tak ingin anak-anak terkena pengaruh buruk dari media sosial.

"Jadi masyarakat juga ikut bertanggung jawab itu, kok dibiarkan saja kalau tampak, ini kan menyangkut sensitivitas. Masyarakat harusnya ikut menegur, mereka yang di lingkungan itu," ungkapnya.

(aan/dhn)