SIDAK 15 Oktober: 4 Berita Aktual Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 22:06 WIB
Telur Asin Jadi Warisan Budaya Takbenda
Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate yang menjadi narasumber dalam acara televisi Mata Najwa menjadi berita populer hari ini. Kemudian, telur asin yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda juga menjadi perbincangan.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SIDAK!: 15/10/2020 AKSI MENKOMINFO DI MATA NAJWA JADI PERHATIAN!' yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman empat berita terpopuler hari ini:

1. Johnny Di Mata Najwa, Netizen Ungkit Menteri Soeharto Harmoko

Sosok mantan Menteri Penerangan di Era Soeharto, Harmoko kembali ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Hal itu terjadi setelah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjadi narasumber dalam acara televisi Mata Najwa yang dipandu Najwa Shihab.

Dilansir CNN, Perbincangan mengenai Harmoko lebih mengarah pada membandingkannya dengan dengan sosok Johnny dalam memberi pernyataan. Johnny diketahui menegaskan tidak boleh ada yang membantah sesuatu yang telah dinyatakan hoaks oleh pemerintah.

2. Warga Brebes Kudu Bangga!

Masyarakat Indonesia khususnya warga Brebes patut bangga karena telur asin sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda. Semoga telur asin tetap dan semakin eksis.

Telur asin termasuk makanan tradisional kuno yang punya usia ratusan tahun. Pada Oktober 2020, akhirnya telur asin ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb) oleh Kemdikbud Indonesia.

Dalam sidang yang digelar pada 6-9 Oktober 2020, telur asin akhirnya resmi dinobatkan sebagai bagian dari warisan budaya tak benda. Kabar baik ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia yang sudah sangat familiar dengan telur asin.

3. Maguire Dianggap Biang Keladi Kekalahan Inggris

Maguire dibanjiri kritik karena dianggap sebagai biang keladi kekalahan Tim Tiga Singa.

Maguire dinilai banyak pihak sebagai biang keladi kekalahan Inggris atas Denmark 0-1 di Wembley pada laga UEFA Nations League Liga A Grup 2, Kamis (15/10/2020) dini hari WIB. Ini karena kapten Manchester United tersebut mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-31.

Maguire diusir keluar lapangan setelah melakukan tekel keras kepada Kasper Dolberg dalam perebutan bola yang lepas dari penguasaannya. Kehilangan Maguire mengubah alur permainan Inggris yang sebelumnya tampil menguasai pertandingan.

4. John Cena Diam-diam Telah Menikah di Florida

Mantan pegulat sekaligus aktor John Cena dikabarkan telah menikah dengan kekasihnya, Shay Shariatzadeh. Acara pernikahan tanpa pengumuman itu dilakukan secara privat di Florida pada Senin (12/10).

Dilansir CNN, ET mengonfirmasi kabar tersebut meskipun perwakilan dari Cena belum memberikan tanggapan untuk berkomentar.

Pasangan tersebut mengajukan izin menikah pada awal Oktober lalu di Florida, dan kemudian melakukan upacara pernikahan secara sederhana di Tampa, Florida.

(dwia/imk)