Hari Cuci Tangan, Masyarakat Diharap Tingkatkan Disiplin Protokol

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 18:45 WIB
Lestari Moerdijat
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mengatakan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada hari ini diharapkan dapat menjadi momentum meningkatkan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 di masyarakat hingga lingkungan keluarga.

"Momentum peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober ini diharapkan mampu menjadi momentum meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan di tengah masyarakat," ujar Lestari yang akrab disapa Rerie dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Rerie menguatkan mencuci tangan yang merupakan bagian dari protokol kesehatan bisa didorong menjadi kebiasaan dalam keseharian masyarakat, apalagi saat ini di sejumlah kota terdeteksi ada peningkatan COVID-19 di klaster keluarga.

Di Kota Bogor misalnya, klaster penyebaran COVID-19 terbanyak ada di klaster keluarga. Saat ini tercatat 277 keluarga terpapar COVID-19. Kemudian ada pula penyebaran COVID-19 di klaster keluarga di Kota Tangerang dan Bekasi sejak pertengahan September lalu.

Rerie mengatakan terciptanya klaster keluarga disebabkan ketidakdisiplinan anggota keluarga dalam penerapan protokol kesehatan. Menurutnya kondisi ini sangat memprihatinkan dan seharusnya lingkungan rumah adalah tempat penguatan disiplin menjalankan protokol kesehatan hingga menjadi kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari.

Rerie mengajak pemangku kepentingan dalam pengendalian penyebaran COVID-19 di setiap daerah segera melakukan upaya edukasi yang massif hingga lingkungan keluarga. Ia menuturkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan dengan benar harus menjadi kebiasaan yang diterapkan di lingkungan keluarga.

Pemanfaatan secara maksimal sejumlah komunitas dan jajaran birokrasi di daerah juga harus dilakukan agar kesadaran dan pemahaman anggota keluarga terhadap pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan segera terwujud.

(ega/ega)