Antisipasi Banjir, Pemkot Jaktim Bangun Sumur Resapan di 30 Gedung

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 18:06 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta.
Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membangun sejumlah sumur resapan untuk antisipasi genangan banjir. Sumur-sumur ini nantinya akan dibangun pada 30 gedung yang berada di sepanjang Jalan DI Panjaitan hingga MT Haryono, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Jadi ada 30 gedung yang ditargetkan untuk memiliki sumur resapan," kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jaktim Kusmanto dalam keterangannya melalui akun Instagram @kominfotik_jt, Kamis (15/10/2020).

Kusmanto menyebut nantinya setiap gedung dapat memiliki lebih dari satu sumur resapan. Tergantung luas masing-masing gedung.

"Jumlah sumur resapannya relatif, tergantung luas gedung tersebut, jika luas dapat membuat lebih (dari) satu sumur resapan," jelasnya.

Pembangunan akan dimulai dengan menyiapkan sumur resapan untuk delapan gedung terlebih dahulu. Kusmanto pun berharap pembangunan sumur lainnya dapat segera terlaksana sesuai target.

"Kita harapkan dari 30 gedung ini sudah selesai semua dan goal-nya sepanjang Jalan DI Panjaitan-MT Haryono terbebas dari genangan ataupun banjir," jelasnya.

Pemkot Jaktim pun sebelumnya telah melakukan pilot project terhadap sumur resapan yang terdapat di depan kantor Kecamatan Jatinegara. Kusmanto merinci sumur resapan ini memiliki diameter satu meter dengan kedalaman pipa yang tertanam 20 meter. Dengan spesifikasi tersebut, sumur ini mampu meresap 10 kubik air dalam waktu 33 menit.

View this post on Instagram

Pemkot Jakarta Timur Siapkan Sumur Resapan di 30 Gedung Area Jatinegara⁣ ⁣ Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyiapkan pembangunan sumur resapan di sepanjang Jalan DI. Panjaitan - MT. Haryono, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.⁣ ⁣ Asisten Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, menjelaskan sumur resapan ini dirancang demi mengantisipasi genangan di sepanjang jalan tersebut.⁣ ⁣ "Jadi ada 30 gedung yang ditargetkan untuk memiliki sumur resapan," ujar Kusmanto saat memimpin apel peninjauan sumur resapan, di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (15/10/2020).⁣ ⁣ Ia menyebutkan, dari 30 gedung tersebut dapat membuat sumur resapan lebih dari 1 tergantung luas dari setiap gedung masing-masing. Saat ini, lanjutnya, Suku Dinas terkait tengah meninjau kesiapan dan penyediaan sumur resapan di 8 gedung pada area tersebut.⁣ ⁣ "Jumlah sumur resapannya relatif, tergantung luas gedung tersebut, jika luas dapat membuat lebih 1 sumur resapan," pungkasnya.⁣ ⁣ Kusmanto menambahkan, untuk sumur resapan di sepanjang jalan tersebut sudah ada yang menjadi percontohan di depan Kantor Kecamatan Jatinegara dan telah diuji coba. Saat uji coba, sumur resapan tersebut mampu meresapkan debit 10 kubik air selama 33 menit.⁣ ⁣ "Kita sudah ada pilot project (proyek percontohan) di depan Kantor Kecamatan Jatinegara dan hasilnya mampu mengatasi genangan ketika hujan deras kemarin," tuturnya.⁣ ⁣ Kusmanto kembali menjelaskan, sumur resapan tersebut memiliki diameter 1 meter dan kedalaman pipa yang tertanam 20 meter.⁣ ⁣ "Kita harapkan dari 30 gedung ini sudah selesai semua, dan goal-nya sepanjang Jalan DI. Panjaitan - MT. Haryono terbebas dari genangan ataupun banjir," tandasnya.⁣ ⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣#DKIJakarta #JakartaTimur #JagaJakarta #Jakarta Tangguh⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #CegahBanjir #CegahGenangan⁣

A post shared by Sudin Kominfotik Jakarta Timur (@kominfotik_jt) on Oct 14, 2020 at 11:32pm PDT

(maa/maa)