Temui Massa Demo, Gubernur Sumsel Janji Sampaikan Aspirasi Buruh ke Jokowi

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 16:16 WIB
Demo tolak omnibus law di Palembang (Raja Adil-detikcom)
Demo tolak omnibus law di Palembang. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Palembang kembali digelar. Gubernur Sumsel Herman Deru menemui massa aksi dan berjanji menyampaikan aspirasi mereka ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan detikcom di simpang 5 DPRD Sumsel, Jalan POM IX, Kamis (15/10/2020), terlihat massa buruh datang membawa mobil komando, keranda, hingga pocong. Mereka kemudian melakukan orasi.

Usai melangsungkan salat Zuhur berjemaah di simpang DPRD, massa kembali berorasi. Massa meminta Ketua DPRD dan Gubernur Sumsel meneruskan aspirasi mereka.

"Saya akan sampaikan aspirasi buruh pada Presiden. Momen ini masih tepat," kata Herman Deru saat menemui massa aksi di DPRD Sumsel.

Herman Deru mengaku telah membaca isi pasal-pasal yang tertuang dalam omnibus law. Dia mengaku fokus pada pasal yang mengatur soal kesejahteraan buruh.

"Saya baca, tapi tidak mungkin ribuan itu saya sampaikan. Maka saya lihat khusus soal buruh, soal kesejahteraan buruh di Sumatera Selatan harus sejahtera," ujar Herman Deru.

Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati turut menemui massa. Anita mengaku siap mengawal aspirasi buruh di Bumi Sriwijaya.

"Saya bersama dengan DPRD Sumsel akan menerima dan menyampaikan aspirasi dari buruh. Saya memahami kehadiran buruh ini meninggalkan pekerjaan, meninggalkan risiko. Bersama Gubernur nanti akan kami sampaikan," kata Anita.

Anita kemudian menerima tuntutan yang diajukan buruh. Dia mengaku siap berkoordinasi secara politik dengan anggota DPR terkait omnibus law UU Cipta Kerja.

(ras/haf)