Visi-Misi 3 Paslon Pilwalkot Tangsel: Transparan, Pemerataan-Kota Lestari

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 12:08 WIB
Nomor urut di Pilkada Tangsel (Foto: dok. KPU Tangsel)
Paslon Pilkada Tangsel (Foto: dok. KPU Tangsel)
Jakarta -

Tiga pasangan calon (paslon) bertarung di Pilwalkot Tangerang Selatan. Mereka pun beradu visi dan misi jika kelak terpilih pada pemilihan 9 Desember mendatang.

Tiga paslon yang berebut kursi nomor 1 dan 2 di Tangsel itu adalah Muhamad-Rahayu Saraswati, Siti Nurazizah-Ruhamaben, dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. Lantas, apa saja visi-misi ketiga paslon?

1. Muhamad-Rahayu Saraswati

Calon Wali Kota Tangsel Muhamad mengungkapkan visinya bersama sang wakil, Rahayu, jika memenangi Pilkada adalah membangun Tangsel menjadi lebih baik. Dia mengaku akan mengedepankan konsep pembangunan daerah yang selaras dengan pembangunan pemerintah pusat, khususnya terkait program Nawacita Presiden Joko Widodo.

"Kebijakan-kebijakan yang akan dikerjakan Pemkot Tangsel tentunya kita juga harus sinkron. Dalam program-program ke depan, tentunya juga harus harmonisasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi," ujar Muhamad dalam pemaparan visi-misinya, seperti dilihat detikcom, Kamis (15/10/2020).

Muhamad mengatakan prinsip pemerintahannya ke depan adalah pelayanan dan kesejahteraan sebagaimana dengan UUD 1945. Mengingat pelayanan dan kesejahteraan adalah yang dasar bagi masyarakat. Baik pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, sosial-budaya, maupun ekonomi.

Muhamad juga ingin Tangsel menjadi kota yang transparan. Selain itu, dia ingin membangun Kota Tangsel untuk semua warga. Menjadikan Tangsel yang ramah bagi seluruh warga Tangsel.

"Melayani dan juga menghormati berbagai agama, mereka semua merasa nyaman. Mau usaha, mau sekolah. SDM kita sampai profesor ada di sini semua, usaha dari Rp 0 sampai miliaran semua ada di Tangsel," ungkap eks Sekda Kota Tangsel itu.

Sementara itu, pasangannya, Rahayu Saraswati atau Sara, mengatakan dia bersama Muhamad ingin menghadirkan semangat perubahan, persatuan, transparansi akuntabilitas, pengabdian, dan pembangunan pelayanan di Tangsel. Selain itu, keselamatan masyarakat dari bahaya COVID-19 menjadi salah satu visi-misinya.

"Dengan program prioritas 100 hari pertama, yaitu dengan penanganan COVID-19 memastikan bahwa setiap warga Tangsel dengan 1,7 juta jiwa yang hadir di sini, yang tinggal di sini, mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis," ujar Sara.

Pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja juga menjadi program utama Sara dan Muhamad. Selain itu, kata keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu, permasalahan banjir hingga lingkungan hidup, khususnya dalam hal pengelolaan limbah yang ramah lingkungan, akan menjadi perhatiannya.

Pemberian beasiswa terhadap anak tidak mampu, keberadaan sport center, pusat kebudayaan, Islamic center, dan masjid raya juga menjadi prioritasnya. Selain itu, kata Sara, rumah aman bagi penyintas korban kekerasan seksual menjadi program utamanya.

"Dalam hal pemulihan ekonomi, kita akan memberikan kontribusi atau bantuan usaha ketahanan pangan khususnya dengan memberikan Rp 5 juta per KK kepada 50 ribu KK yang terkena dampak COVID-19," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3