Ambulans Diduga Pasok Batu Pendemo, Komisi IX: Harus Ditindak Tegas Aparat!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 18:21 WIB
Viral mobil ambulans kabur dari sergapan aparat kepolisian di kawasan Jakarta Pusat. Polisi pun sudah mengamankan mobil tersebut beserta tiga orang.
Ambulans di Menteng, Jakpus yang diduga pasok batu untuk pendemo yang rusuh. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Komisi IX DPR RI mengingatkan ambulans digunakan untuk fungsi kesehatan dan kemanusiaan. Hal itu dikatakan setelah Polda Metro Jaya mengungkap adanya ambulans yang diduga membawa pasokan batu untuk kelompok perusuh di demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja.

"Ambulans fungsi kesehatan dan kemanusiaan," kata Wakil Ketua Komisi IX Melkiades Laka Lena kepada wartawan, Rabu (14/12/2020).

Legislator asal NTT ini mendesak aparat menindak tegas pihak-pihak yang menyalahgunakan ambulans. Apalagi, lanjutnya, untuk melakukan kekerasan.

"Yang gunakan di luar fungsi ini untuk tujuan politik, apalagi lakukan kekerasan, harus ditindak tegas oleh aparat. Pendemo yang tertib sesuai aturan perlu diberi ruang, pendemo yang tidak tertib dan lakukan kekerasan harus ditindak aparat hukum sesuai aturan," tegasnya.

Sebelumnya, polisi mengamankan satu unit ambulans beserta empat penumpang yang melarikan diri saat diperiksa petugas di Menteng, Jakarta Pusat. Ambulans tersebut diduga memasok logistik dan batu kepada para pendemo.

Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan terhadap salah seorang penumpang yang sempat meloncat dari ambulans tersebut. Keterangan dari penumpang tersebut masih didalami oleh polisi.

"Yang kita amankan yang loncat inisialnya N. Memang dia menyampaikan ambulans tersebut bukan untuk kesehatan, tapi untuk mengirimkan logistik dan indikasi batu untuk para pendemo. Ini keterangan masih kita dalami. Nanti silakan tunggu hasilnya seperti apa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (14/10).

Viral Ambulans Kabur Saat Demo Ricuh, Diduga Akan Kirim Logistik & Batu!:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/aud)