Pikap Muat Babi di Polman Sulbar Masuk Jurang, Pengemudi Tewas

Abdy Febriady - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 14:51 WIB
Pikap bermuatan 25 ekor babi masuk jurang di Polman, Sulbar (Abdy-detikcom).
Pikap bermuatan 25 ekor babi masuk jurang di Polman, Sulbar. (Abdy/detikcom)
Polman -

Kendaraan pikap di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), yang tengah memuat babi, terguling masuk jurang. Akibatnya, pengemudi pikap Yanvan Herel (24 tahun) tewas setelah mobil yang dikendarainya masuk jurang sedalam 30 meter.

"Dia (mobil) mau ke atas, dia tidak mampu, mau diganjal sama kernetnya, tapi sopir menolak. Alasannya mau mundur. Setelah mundur, mobil justru meluncur ke jurang," kata Siraman, seorang saksi mata, kepada wartawan di lokasi kejadian.

Diketahui, mobil bermuatan 25 ekor babi dewasa yang dikemudikan korban meluncur bebas ke jurang setelah gagal melewati jalan menanjak dan menikung. Korban tewas dengan kondisi luka parah. Tubuhnya tertimpa badan mobil saat mencoba menyelamatkan diri dengan cara melompat.

Kasat Lantas Polres Polewali Mandar AKP Adriyan Fredrick Kopong menyebut penyebab kecelakaan adalah mobil kelebihan muatan sehingga gagal melewati jalan menanjak.

"Kecelakaan itu akibat mobil over-muatan. Pada saat tanjakan, mobil tidak bisa menanjak sehingga lepas kendali," kata Adriyan.

Adriyan mengimbau para pengendara agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas. Apalagi di lokasi sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Jadi memang di situ sering terjadi kecelakaan, apalagi medan jalan agak menanjak. Kami sampaikan kepada pengguna jalan untuk mematuhi peraturan, tidak melakukan tindakan yang bisa menyebabkan kecelakaan," imbuhnya.

Pascakejadian, jenazah korban langsung dievakuasi petugas Satlantas Polres Polewali Mandar ke Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar untuk dijemput keluarganya.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi kejadian, puluhan warga bahu-membahu mengevakuasi 25 ekor babi yang terjerembap di dasar jurang bersama mobil pikap yang membawanya. Kecelakaan juga mengakibatkan dua ekor babi mati.

(nvl/nvl)