Kebakaran Landa Kampung Terapung Bontang Kuala Kaltim

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 21:48 WIB
Kebakaran Landa Kampung Terapung Bontang Kuala Kaltim
Kebakaran Landa Kampung Terapung Bontang Kuala Kaltim (Foto: Istimewa)
Bontang -

Kebakaran melanda permukiman di kampung terapung Bontang Kuala, Bontang, Kalimantan Timur. Warga setempat menduga api berasal dari salah satu kafe.

"Asal mula api diperkirakan dari Kafe Mutiara," kata salah seorang warga RT 5 Bontang Kuala, Faturahman, Selasa (13/10/2020).

Fatur menyebut kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30 Wita. Kebakaran disebut terjadi di wilayah RT dan RT 6 Bontang Kuala.

Kadis Damkar Bontang, M Yani, menjelaskan proses pemadaman kebakaran di Bontang Kuala sempat terkendala. Angin di lokasi sangat kencang sehingga membuat api sulit dikendalikan.

"Ketinggian api tadi diperkirakan sampai 7 meter akibat kencangnya angin. Selain itu, posisi titik api yang sulit dijangkau, mobil nggak bisa masuk karena jalan yang terbuat dari kayu," kata Yani secara terpisah.

Kebakaran Landa Kampung Terapung Bontang Kuala KaltimKebakaran Landa Kampung Terapung Bontang Kuala Kaltim (Foto: Istimewa)

Namun kebakaran akhirnya berhasil dipadamkan setelah puluhan personel damkar dikerahkan ke lokasi.

"Api berhasil dijinakkan setelah 90 personel pemadam dan relawan diturunkan, untungnya lagi air laut yang berada di lokasi membantu kami memadamkan api," ungkapnya.

Yani mengatakan penyebab kebakaran di Bontang Kuala ini masih didalami. Begitu pula jumlah kerugian dan rumah yang terbakar masih didata.

"Penyebab kebakaran saat ini masih kami dalami dari saksi mata di lokasi, dan masih menghitung rumah dan kafe yang terbakar," pungkasnya.

(knv/knv)