Satgas Corona: 65% Kabupaten/Kota Masuk Zona Oranye, Daerah Lengah!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 16:50 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 menyebut lebih dari 50% kabupaten/kota di Indonesia yang berada di zona hijau penularan corona naik menjadi zona kuning hingga merah. Satgas mengatakan peningkatan zonasi itu lantaran daerah lengah dengan penyebaran COVID-19.

"Tentang peta zonasi risiko di mana perkembangan zonasi di minggu ini mengalami beberapa perubahan. Sangat disayangkan bahwa terdapat lebih dari 50% kabupaten/kota yang sebelumnya berada di zona hijau berpindah ke zona kuning, zona oranye bahkan zona merah dalam pekan ini," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/10/2020).

Berdasarkan data per 11 Oktober 2020, Wiku menyebut 65% kabupaten/kota di Indonesia berada di zona risiko sedang atau zona oranye. Dia menyebut zonasi itu menandakan bahwa daerah lengah dengan penularan virus Corona.

"Pada pekan ini sebanyak 336 kabupaten/kota berada di zona oranye atau zona dengan risiko sedang. Ini artinya 65% dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia berada pada risiko sedang. Hal ini menandakan bahwa daerah lengah atau sudah merasa nyaman dalam penanganan kasus COVID-19," kata Wiku.

Wiku menyebut zona risiko tinggi atau zona merah cenderung menurun pekan ini, namun dia tetap meminta agar daerah waspada dengan penularan Corona.

"Meskipun kabupaten/kota dengan zona merah atau zona risiko tinggi cenderung menurun setiap pekan, namun bukan berarti kabupaten kota harus merasa aman berada di zona oranye," tuturnya.