SIDAK 12 Oktober: 4 Berita Aktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 22:45 WIB
GUANGZHOU, CHINA - JULY 29:  (CHINA OUT) NBA player Kobe Bryant of the Los Angeles Lakers smiles during a meet and greet with fans at Jinan University on July 29, 2010 in Guangzhou, Guangdong Province of China.  (Photo by VCG/Getty Images)
Kobe Bryant (Foto: (Getty Images/AFP)
Jakarta -

Nama Kobe Bryant menggema usai kemenangan LA Lakers di NBA 2020 menjadi berita terpopuler hari ini. Lalu ada juga kabar soal Halte Bundaran HI dan Sarinah yang sudah mulai beroperasi meski baru sebagian.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SIDAK!: 12/10/2020 LA LAKERS AKHIRNYA JUARA SETELAH 10 TAHUN!' yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman keempat berita terpopuler hari ini:

1. Nama Kobe Bryant Menggema Usai Lakers Juara NBA

Los Angeles (LA) Lakers juara NBA 2020. Para pemain bersuka cita, sekaligus turut mengenang sang legenda klub, Kobe Bryant. Para penggemarnya beramai-ramai turun ke jalan dan menyebut nama Kobe Bryant.

Kemenangan ini disebut sebagai kehormatan untuk Kobe Bryant. Gelar juara NBA LA Lakers pun semakin lengkap. Bintang Lakers, LeBron James, berhasil jadi MVP Final NBA 2020.

Atas performa hebatnya sepanjang partai final dengan rataan 30 poin per gim, maka James dinobatkan sebagai MVP Final 2020. Ini jadi MVP Final keempat James setelah tahun 2012, 2013, dan 2016.

Salah satu pemain bintang Lakers lainnya, Anthony Davis, turut berbahagia. Gelar juara NBA ini merupakan cincin juara pertama baginya.

Anthony Davis juga tampil apik di game terakhir. Dia mencatatkan 19 poin dan 15 rebound. Davis pun tak lupa, kemenangan Lakers ini juga jadi cara untuk menghormati mendiang sang legenda, Kobe Bryant.

"Segala yang kami lakukan adalah untuknya. Kobe pasti sedang melihat kami juara dari atas dengan penuh kebanggaan," kata Davis seperti dilansir AFP.

"Keluarganya pasti juga bangga dengan Lakers. Ini adalah momen yang sulit, Kobe adalah saudara kami maka gelar juara ini untuknya," lirih Davis.

2. Halte Bundaran HI-Sarinah Beroperasi Sebagian Pasca Dirusak Massa Perusuh

Halte TransJakarta Bundaran HI dan Sarinah kembali beroperasi pagi ini bersamaan dengan berlakunya kembali PSBB transisi. Kedua halte tersebut pun saat ini baru beroperasi sebagian.

Pantauan detikcom, Senin (12/10/2020), pukul 07.15 WIB, Halte Bundaran HI terpantau lengang. Hanya separuh bagian halte yang beroperasi. Halte tersebut pun saat ini masih dalam tahap renovasi. Tampak penumpang masuk-keluar melalui Halte MRT Bundaran HI.

Terpantau situasi Halte Bundaran HI sepi. Tidak banyak penumpang yang berangkat atau tiba. Kondisi yang sama terlihat di Halte Sarinah. Penumpang terpantau tidak terlalu ramai. Terlihat akses akses tap in Halte Sarinah menggunakan alat yang lebih kecil. Akses keluar-masuk halte tampak normal melalui JPO.

Untuk diketahui, TransJakarta memastikan sejumlah halte yang terdampak kerusakan akibat kerusuhan di DKI Jakarta sudah bisa dioperasikan. Halte disebut bisa beroperasi secara minimal mulai hari ini saat PSBB transisi.

"Halte-halte TransJakarta akan difungsikan kembali. Namun halte-halte tersebut belum bisa difungsikan secara total dan baru difungsikan dengan pola 'minimum operation'," kata Dirut PT TransJakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, dalam keterangannya, Minggu (11/10/2020).

3. Protokol Khusus Industri Pariwisata dan Industri Perdagangan UMKM

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hingga dua pekan ke depan. Kini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI sedang menyusun aturan mengenai industri pariwisata apa saja yang boleh beroperasi selama masa PSBB transisi.

"SK yang mau dikeluarkan, ya, misalnya nih resto, rumah makan, ada golf, ada apalagi tuh. Pokoknya, yang kemarin PSBB transisi tuh nanti boleh buka lagi. Rencananya yang sesuai, yang ditulis Pak Gubernur tuh kita atur lagi, jam (operasionalnya), aturan pengetatannya gimana nih, PSBB-nya, jumlahnya, jaga jaraknya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Industri Pariwisata Dinas Parekraf DKI Bambang Ismadi di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2020).

Nantinya, aturan tersebut akan tertuang dalam surat keputusan (SK) Plt Kepala Dinas Parekraf DKI. Saat ini pembahasannya masih berlangsung.

"Aturannya tuh nanti kita keluarkan dalam SK (plt) kepala dinas. SK (plt) kepala dinas yang sekarang sedang dibahas di Balai Kota," terang Bambang.

4. Kim Jong Un Menitikkan Air Mata Saat Minta Maaf ke Rakyat

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menitikkan air mata ketika menyampaikan maaf yang langka atas kegagalan membawa negaranya melewati masa-masa sulit yang diperburuk oleh wabah virus corona.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, dalam parade militer besar untuk menandai ulang tahun ke-75 Partai Buruh yang diadakan pada akhir pekan, Kim menyampaikan pidatonya, melepas kacamata, lalu menyeka air mata.

"Orang-orang kami telah menaruh kepercayaan, setinggi langit, dan sedalam laut kepada saya, tapi saya gagal untuk selalu memenuhi itu dengan memuaskan. Saya sangat menyesal untuk itu," kata Kim, menurut terjemahan dari Korea Times.

"Meskipun saya dipercayakan dengan tanggung jawab penting untuk memimpin negara ini dengan menegakkan tujuan dari rekan-rekan hebat Kim Il-sung dan Kim Jong-il, terima kasih atas kepercayaan semua orang. Usaha dan ketulusan saya belum cukup untuk menyingkirkan orang-orang dari kesulitan hidup mereka," kata Kim.

Dilansir The Guardian, Senin (12/10), para analis menuturkan itu merupakan sebuah indikasi meningkatnya tekanan pada rezimnya dan Kim telah menggunakan sebagian besar pidato untuk bersimpati dengan rakyat Korea Utara.

Pidato itu dibumbui dengan kata-kata yang tidak menyenangkan seperti "tantangan berat, cobaan yang tak terhitung jumlahnya, dan bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya".

(eva/jbr)