Terungkap! Brigadir AF Sempat Lempar Barang Saat Mabuk di Kafe di Bira Sulsel

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 14:38 WIB
minuman keras alkohol mabuk. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Foto: Ilustrasi (Rachman Haryanto-detikcom).
Makassar - Polisi mengungkap Brigadir AF sempat melempar sejumlah barang saat mabuk di sebuah kafe di kawasan pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Fakta tersebut terungkap dalam penyidikan Propam Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Memang ada barang pecah belah dia lempar saat itu, namun kerusakannya tidak parah. Tidak ada yang luka," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Ibrahim Tompo saat ditemui detikcom di kantornya, Makassar, Senin (12/10/2020).

Kombes Ibrahim mengatakan, ulah Brigadir AF dipicu mabuk akibat minuman keras. Dia lalu tak mampu mengendalikan diri.

"Ini cuma permasalahan namanya orang di bawah kesadaran di bawah pengaruh minuman, segalanya menjadi peka, dia cuma kondisinya sempat ketemu warga di sana melarang lagi untuk menambah minuman. Akhirnya dia menjadi tidak terima menjadi tempramen," kata Kombes Ibrahim.

Kombes Ibrahim melanjutkan, Brigadir AF saat itu tak sendirian. Dia bersama seorang warga sipil.

"Pada saat itu dia bersama dengan orang sipil, jadi dia minum bersama orang sipil," kata Ibrahim.

Pada akhirnya, ulah AF sendiri membuat pemilik kafe tak punya pilihan lagi dan melaporkan Brigadir AF ke Polsek Bonto Bahari sebagai kepolisian setempat.

"Kemudian dia melanjutkan pergi minum, ditegur sama masyarakat kemudian masyarakat melaporkan ke Polsek setempat kemudian Polsek datang untuk mengamankannya," pungkas Ibrahim.

Diketahui, aksi arogan Brigadir AF ini terjadi di kawasan Pantai Tanjung Bira, Sabtu (3/10). Dia awalnya mengobrak-abrik kafe di kawasan tersebut. Dia lalu menodongkan pistol ke AKP Akbar dan personel Polsek Bonto Bahari lainnya yang mencoba menenangkannya.

Tak hanya itu, Brigadir AF juga disebut menghina Kapolsek Bonto Bahari lantaran hanya berpangkat AKP. Beruntung, tak ada konfrontasi senjata api antara Brigadir AF dan Kapolsek Bonto Bahari serta anggotanya.

Namun Brigadir AF saat itu juga disebut pergi ke rumah warga yang sedang tahlilan karena istri meninggal. Brigadir AF disebut kembali mempertontonkan senjata api di rumah warga yang kedukaan tersebut. (nvl/nvl)