Toko Buku Dekat Grand Theater Senen Jakpus Turut Terbakar Semalam

Wilda Nufus - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 09:54 WIB
Anies Baswedan saat meninjau Grand Theater Senen yang terbakar
Anies Baswedan meninjau Grand Theater Senen yang kebakaran. (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi Grand Theater di Senen, Jakarta Pusat, yang turut dibakar massa pendemo tolak omnibus law UU Cipta Kerja. Anies terlihat menengok sembari melihat situasi di area yang terbakar.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (9/10/2020), Anies tiba pada pukul 08.04 WIB. Anies mengenakan baju berwarna biru muda dan celana hitam dengan masker warna putih.

Saat turun dari mobil, Anies disambut oleh Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara. Anies kemudian terlihat berjalan beriringan sambil meninjau satu per satu toko yang terbakar, termasuk bioskop legendaris yang ada di Senen itu.

Saat berkeliling, Anies terlihat berhenti lama di sebuah toko buku yang turut terbakar. Anies sesekali melihat buku-buku yang tergeletak yang kini sudah menjadi arang.

Anies merasa terenyuh saat melihat buku-buku pembelajaran hangus tak bersisa. Menurutnya, buku yang terbakar itu juga menyisakan makna kerugian ekstra.

Anies Baswedan saat meninjau Grand Theater Senen yang terbakarAnies Baswedan saat meninjau Grand Theater Senen yang terbakar. (Wilda Nufus/detikcom)

"Tapi yang membuat kita semua terenyuh menyaksikan buku-buku terbakar ini adalah materi ajar, materi pembelajaran, sehingga terbakarnya buku itu punya makna yang amat berbeda. Kita semua merasakan kerugian ekstra," kata Anies kepada wartawan di lokasi.

Mantan Mendikbud ini menyayangkan buku-buku yang menjadi sarana pembelajaran ini menjadi tak berarti lagi. Selain itu, Anies menyebut toko buku itu tergolong usaha mikro, kecil.

"Ketika buku-buku itu terbakar karena di sana ada ilmu, di sana ada kesempatan pembelajaran untuk anak-anak kita dan usaha-usaha buku ini adalah usaha mikro, kecil," tuturnya.

Karena itulah, Anies mengatakan pihaknya akan memanggil seluruh pemilik toko untuk menjelaskan detail kerugian materinya. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberikan pinjaman modal agar warga bisa beraktivitas dagang kembali.

"Karena itu, kami di Pemprov akan panggil semua pengusaha yang terdampak akibat kejadian kemarin yang punya usaha perbukuan dan lain nanti kita akan bantu untuk bisa mendapatkan permodalan agar mereka bisa kembali aktivitas lagi, nanti pinjaman-pinjaman modal kita akan bantu sehingga mereka bisa segera memulai kembali usahanya apalagi ini terkait perbukuan," janji Anies.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan kerusakan di Simpang Lima Senen ini terjadi di beberapa titik. Dia menyebut, selain Grand Theater dan empat ruko yang hangus terbakar, ada tiga halte TransJakarta yang mengalami kerusakan dampak demo anarkistis kemarin, Kamis (8/10).

"Jadi di kawasan Simpang Lima ini, dampak dari terbakarnya eks bioskop Grand, itu berdampak pada empat ruko yang di belakangnya, termasuk dua toko buku, kemudian ada tiga halte bus TransJakarta, termasuk dua kendaraan pekerja yang sedang melakukan kegiatan di Simpang Lima ini," ucap Bayu dalam kesempatan yang sama.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran ruko dan Grand Theater Senen bermula ketika massa demo membakar halte Pasar Senen. Lalu api merembet dan menyebabkan kebakaran yang lebih besar.

Sebanyak tiga ruko terkena dampak kebakaran Grand Theater Senen. Ruko-ruko tersebut hangus terbakar.

Lihat video 'Api di Bioskop Grand Theater Senen Padam Setelah 4 Jam Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/ear)