Penampakan Halte TransJakarta Senen-Grand Theater Usai Dibakar Massa Rusuh

Wilda Nufus - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 07:03 WIB
Puing-puing bekas kebakaran di Halte TransJakarta Senen dibersihkan (Wilda/detikcom)
Foto: Puing-puing bekas kebakaran di Halte TransJakarta Senen dibersihkan (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Halte Central TransJakarta Senen turut dibakar oleh massa pendemo tolak omnibus law UU Cipta Kerja (Ciptaker), tadi malam. Situasi di halte pun kini rusak dan tidak bisa digunakan.

Pantauan detikcom, di lokasi, Jumat (9/10/2020) pukul 06.15 WIB kondisi halte terlihat hangus terbakar. Serpihan-serpihan kaca nampak berserakan sampai menjalar ke jalan raya.

Dinding kaca logo halte TransJakarta pun kini pecah berhamburan. Kartu untuk mengetap para calon penumpang terlihat hancur dan tak berbentuk lagi.

Tak ada aktivitas warga yang menunggu di gate halte. Bau hangus nampak tercium di sekitar. Terlihat tiga truk yang berada di samping halte ikut menjadi amukan massa dan kini terlihat hangus kehitaman.

Puing-puing bekas kebakaran di Halte TransJakarta Senen dibersihkan (Wilda/detikcom)Foto: Puing-puing bekas kebakaran di Halte TransJakarta Senen dibersihkan (Wilda/detikcom)

Petugas dari penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) membersihkan puing-puing kaca yang berserakan. Namun mereka sesekali belum mendekat ke arah halte karena kaca yang masih menempel di dinding masih rentan untuk pecah kembali.

Penampakan hal serupa terjadi di Grand Theater Senen. Tepat disamping Halte TransJakarta ini, kondisinya pun kini luluh lantak.

Ruangan dalam terlihat hangus terbakar. Bau gosong masih menyelimuti gedung tempat pemutaran film ini. Dinding gedung nampak berubah warna menjadi kehitaman.

Puing-puing bekas kebakaran di Halte TransJakarta Senen dibersihkan (Wilda/detikcom)Foto: Puing-puing bekas kebakaran di Halte TransJakarta Senen dibersihkan (Wilda/detikcom)

Terlihat petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) berjibaku membersihkan puing-puing bekas kebakaran. Mereka pun sesekali menyemprot dalam gedung agar memastikan tak ada bara api yang menyala.

Selain itu, terlihat tiga ruko yang berada tepat disamping gedung theater ikut hangus. Hampir tak ada barang yang bisa diselamatkan.

Pagar besi nampak berserakan dan menjadi bara akibat dilalap si jago merah. Nampak terlihat dinding di sekitar ruko pun dicoret-coret massa dengan tinta berwarna hitam.

Lalu lintas di lokasi terlihat padat. Banyak warga sesekali melihat dan mengabadikan lewat gawai miliknya.

Diketahui, kerusuhan terjadi di Simpang Lima Pasar Senen, Jakarta, tadi malam. Massa merusak Halte TransJakarta dan membakar truk.

(isa/isa)