Imbas Demo Rusuh, 11 Halte TransJakarta Rusak Total dan Kerugian Rp 25 M

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 20:12 WIB
Halte TransJ Tosari Dibakar Massa
Halte TransJakarta Tosari dibakar massa. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah halte TransJakarta di DKI Jakarta dirusak dan dibakar massa demo omnibus law. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 25 miliar.

"DKI yang akan dibiayai, tadi sudah diprediksi sudah dihitung kira-kira Rp 25 miliar," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020).

Anies mengatakan setidaknya ada 11 halte yang dirusak. Ke-11 halte tersebut disebutnya mengalami kerusakan total.

"Ada halte yang rusak total ada 11 ini akan kita perbaiki semua," ujarnya.

Anies melanjutkan halte-halte yang terbakar dan rusak total untuk sementara ini tidak bisa difungsikan. Pemprov DKI Jakarta, kata dia, akan menyiapkan halte sementara untuk melayani penumpang TransJakarta.

"Jadi halte yg terbakar tentu tidak bisa malam ini. Jadi halte-halte masih diukur seberapa besar nanti yang rusak total akan disiapkan halte sementara," tutur Anies.

Selain itu, Anies memastikan fasilitas umum yang tidak mengalami kerusakan akan kembali berfungsi sesegera mungkin. Pemprov DKI Jakarta, lanjutnya, juga akan segera membersihkan sampah-sampah sisa-sisa kerusuhan demo.

"Kami di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta memastikan bahwa seluruh fasilitas umum berfungsi sesegera mungkin. Seluruh fasilitas umum akan berfungsi kembali malam ini, insyaallah bersih. Dari tadi siang semua jalan semua fasilitas umum akan bisa aman," paparnya.

Seperti diketahui, sejumlah halte TransJakarta habis terbakar dan dirusak massa. Beberapa halte yang dibakar di antaranya Halte TransJakarta Bundaran HI, Halte TransJakarta Sarinah, dan Halte TransJakarta Tosari.

(mae/dhn)