Deretan Peristiwa Menonjol di Demo Jakarta sampai Petang Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 18:26 WIB
Halte TransJ Bundaran HI dibakar massa (Foto: Ilman/detikcom)
Halte TransJ Bundaran HI dibakar massa (Ilman/detikcom)

2. Pos Polisi Tugu Tani Dibakar

Massa demo juga berkumpul di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat. Massa di lokasi ini merupakan massa gabungan.
Pantauan detikcom per 17.34, di Tugu Tani, Jakarta Pusat, massa masih ramai berkumpul. Ramainya massa membuat kendaraan tidak bisa melintas di jalan ini.

Tampak massa yang berada di lokasi ini merusak sejumlah fasilitas umum. Termasuk Patung Tugu Tani dicorat-coret tulisan bernada makian ke DPR RI.

Pos polisi di dekat Tugu Tani juga dibakar. Api kecil masih terlihat di pos polisi itu.

Ricuh itu sempat mereda sesaat. Namun massa tiba-tiba merangsek ke arah barisan polisi lagi. Polisi pun langsung menghalau massa dengan menembakkan gas air mata.

3. Massa Jarah Kementerian ESDM

Massa demonstrasi tolak omnibus law UU Cipta Kerja sempat merusak Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tak hanya merusak, massa juga disebut melakukan penjarahan.

Aksi penjarahan itu disampaikan petugas keamanan di Kementerian ESDM, Asep. Asep mengatakan barang-barang yang dijarah antara lain komputer dan beberapa laptop hingga handphone yang berada di pos keamanan.

"Yang dijarah yang jelas laptop, komputer, terus helm, HP, tas juga ada," ujar Asep di lokasi, Kamis (8/10/2020).

Asep mengatakan pihaknya saat ini masih mendata jumlah dan barang apa saja yang dijarah. "Barang-barang sementara itu. Kita lagi dicek satu per satu mungkin masih banyak," ujarnya.

4. 3 Pendemo Positif Corona

Polres Metro Jakarta Barat mengamankan 96 remaja yang hendak berdemonstrasi di gedung DPR. Para remaja tersebut dites swab dan hasilnya tiga remaja dinyatakan positif Corona.

"Pagi tadi hingga siang ini ada 96 orang yang diamankan di sekitar Tomang," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru dalam keterangannya, Kamis (8/10).

Audie mengatakan pihaknya kemudian melakukan swab terhadap para remaja tersebut. Hasilnya tiga remaja positif Corona.

Sementara itu, Polda Metro Jaya melakukan rapid test terhadap kelompok anarko yang diduga hendak merusuh di DPR, Jakarta. Sejauh ini sudah ada 27 orang yang dinyatakan reaktif Corona.

"Kemarin sudah ada 22 orang yang reaktif, tambah lagi hari ini sudah 5 yang reaktif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi detikcom, Kamis (8/10).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3