Mahasiswa Akan Demo Istana Hari Ini, Tuntut Perppu Cipta Kerja

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 05:06 WIB
Massa yang tergabung dari mahasiswa dan buruh melakukan aksi Long march dari Patung Kuda menuju Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/10/2017).
Foto: Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyatakan akan menggelar demo menolak omnibus law UU Cipta Kerja di Istana Merdeka hari ini. BEM SI memperkirakan 5.000 mahasiswa akan turun aksi ke Istana.

"Diperkirakan akan lebih dari 5.000. Dari 300 kampus," kata Koordinator Media Aliansi BEM SI, Andi Khiyarullah kepada wartawan, Rabu (7/10/2020) malam.

Andi mengatakan mahasiswa yang turun aksi dari berbagai wilayah. Dia menyebut mahasiswa datang dari Sumatera hingga Sulawesi.

"Pun ini masih mempersiapkan kedatangan yang dari wilayah lain. Sumatera, Kalimantan, Sulawasi," ujarnya.

Aksi menolak UU Cipta Kerja ini juga menuntut dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) UU Cipta Kerja. Selain terpusat di Istana Merdeka, BEM SI mengatakan aksi serupa akan dilakukan di berbagai daerah.

"Secara narasi, kita sepakat menolak dan mengusahakan alternatif lain seperti JR dan mendesak Presiden untuk mengeluarkan PERPPU. Kami dari Aliansi BEM SI akan melaksanakan Aksi Nasional yang dilaksanakan terpusat pada tanggal 8 Oktober 2020, dan juga akan ada aksi serentak menuju tanggal 8 Oktober 2020 di wilayah masing-masing," imbuhnya.

Menaker Nyatakan UU Cipta Kerja Tingkatkan Peran Buruh

Selanjutnya
Halaman
1 2