KSPI Merasa Dikhianati soal UU Cipta Kerja, Panja DPR Beri Penjelasan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 21:56 WIB
drooftalk omnibus law
Foto: 20Detik

Lamhot yang juga anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR juga menjawab tuduhan live streaming rapat sebagai drama. Dia menegaskan rapat dilakukan secara terbuka.

"Kalau dibilang live streaming ini sebagai drama saya kira nggak pas juga. Karena memang kita buka, semua organisasi buruh, semua kelompok masyarakat kita terima kok dengan tangan terbuka. Dan di dalam setiap kita rapat-rapat ditayangkan secara live melalui tv parlemen, semua orang bisa mengakses. Jadi nggak ada yang menutupi di sini. Kalau mengatakan kalau kita tidak terbuka itu salah benar. Itu nggak benar juga," tuturnya.

Selain itu, Lamhot memaparkan pertemuan Panja dengan buruh di Hotel Mulia, Jakarta Pusat untuk mendengar masukan. Dia juga menjelaskan ada 4 kesepahaman yang dihasilkan dari pertemuan itu.

"Kemudian dalam pertemuan kita dengan kelompok buruh kita terima juga, kita mendengar dan pada saat itu dengan Pak Iqbal kita ketemu di Hotel Mulia, ada tim perumus, kita juga di situ berdebat, berdiskusi. Kita saat itu sepakati," katanya.

Lamhot juga memaparkan 9 fraksi juga membahas UU Cipta Kerja secara aktif. Dia menegaskan pengambilan keputusan tidak sampai pada voting.

"Kami dari fraksi, termasuk pak Irwan Demokrat itu membahas secara aktif, nah saya ingin menceritakan juga bahwa 9 fraksi semua ikut, tidak ada namanya di situ pengambilan keputusan tidak ada sampai voting, semua orang berkontribusi dalam pemikirannya untuk rumusan yang berpihak terhadap rakyat termasuk buruh di dalam sehingga prasangka itu nggak bagus juga," tandasnya.

Halaman

(lir/imk)