AHY Puji Benny K Harman Macan Parlemen, PAN Duga Aksi WO Direncanakan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 17:49 WIB
Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay
Saleh Daulay (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Plh Ketua Fraksi PAN Saleh Daulay menilai tindakan walk out yang dilakukan anggota Fraksi Demokrat Benny K Harman saat rapat paripurna pengesahan UU Cipta Kerja (Ciptaker) sebagai hal yang biasa. Saleh menduga sikap walk out tersebut sudah direncanakan.

"Ya menurut saya biasa aja ya itu walk out itu ya. Apalagi mungkin sudah direncanakan itu mereka mau walk out. Ini biasa aja," kata Saleh saat dihubungi pada Rabu (7/10/2020).

Saleh menilai pujian Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terhadap Benny K Harman bersifat subjektif. Ia pun mempersilakan masyarakat memberikan penilaian terkait walk out-nya Fraksi Demokrat di sidang paripurna pengesahan UU Ciptaker.

"Kalau misalnya AHY menganggap itu 'macan' segala macam ya silakan aja. Itu kan subjektif. Partai dia. Ya wajar ajalah dinilai seperti itu. Tapi semuanya diserahkan ke masyarakat," katanya.

Ketua DPP PAN ini juga menilai agar sikap walk out dari Fraksi Demokrat tidak terlalu dipuji. Sebab, menurutnya, itu dapat menjadi contoh buruk dalam rapat di masa depan.

"Jadi justru jangan terlalu dipuji juga itu tindakan seperti itu karena itu bisa jadi preseden buruk ke depan. Setiap beda pendapat langsung walk out. Itu kan tidak bener juga itu," ucap Saleh.

Saleh, yang juga menjabat anggota Komisi IX DPR, tetap menghormati sikap walk out Fraksi Demokrat. Namun, ia menegaskan Fraksi Demokrat juga terlibat dalam proses kajian UU Cipta Kerja (Ciptaker).

"Tapi kan perlu dicatat juga bahwa Fraksi Demokrat itu ikut membahas RUU omnibus law ini juga memberikan pandangan pada minifraksi pada saat pembacaan tingkat 1 dan kemudian juga memberikan pandangan juga fraksi pada tingkat dua yang paripurna kemarin itu," tegas Saleh.

"Jadi artinya sebetulnya dalam pembahasan itu sudah banyak masukan-masukan yang disampaikan Partai Demokrat di dalam RUU Ciptaker itu yang saya kira juga ada yang diakomodir," imbuhnya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi aplaus fraksinya di DPR RI yang melakukan aksi walk out sidang paripurna UU Cipta Kerja. AHY kini mengunggah foto bersama Benny Kabur Harman, pemimpin aksi WO Fraksi Demokrat.

"Ini Pak Benny K. Harman (BKH) yang sempat trending topic semalam," kata AHY mengenalkan Benny K Harman seperti unggahannya di Instagram, Rabu (7/10)

Bang BKH, sapaan AHY kepada Benny Harman, disebutnya merupakan sahabat berdiskusi. AHY mengenalkan jabatan Benny K Harman di Partai Demokrat yakni sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.

"Berasal dari NTT, yang sering disebut sebagai Macan Parlemen karena keberaniannya untuk menyuarakan aspirasi rakyat di DPR RI," sebut AHY.

(hel/imk)