Hendak Aksi di DPRD Kabupaten Bekasi, Long March Buruh Dicegat Polisi

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 10:38 WIB
Long march buruh yang hendak ke DPRD Kabupaten Bekasi
Long march buruh yang hendak ke DPRD Kabupaten Bekasi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Massa buruh menggelar long march di Jalan Cikarang-Cibarusah, Kabupaten Bekasi, siang ini. Massa hendak melakukan aksi di depan kantor DPDR Kabupaten Bekasi.

Pantauan detikcom di Jalan Cikarang-Cibarusah pukul 09.45 WIB, tampak buruh yang mengenakan pakaian serba biru melakukan aksi long march. Long march buruh mengambil sebagian jalur kendaraan.

Kemudian, terlihat sejumlah buruh berdiskusi dengan polisi. Mereka diarahkan untuk menghentikan long march demi menghindari kemacetan.

Dampak dari long march itu, kemacetan terjadi di sepanjang Jalan Cikarang-Cibarusah arah kawasan EJIP. Panjang kemacetan mencapai 400-600 meter.

"Gini, kita kan sebagai buruh juga kita harus taat sama aturan, kita juga tidak ingin mengganggu orang lain juga, pengguna jalan lain, jadi kita dilihat dari sisi kemaslahatan aja, banyak kepentingan-kepentingan masyarakat juga, kita tadi long march dipandang oleh pihak keamanan mengganggu, dari pada jalur lalu lintas," ujar Perwakilan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kabupaten Bekasi, Rosid Bahtiar, kepada detikcom di lokasi, Selasa (6/10/2020).

Pihak kepolisian, sebut Rosid, tidak melarang buruh untuk berunjuk rasa. Namun long march yang dilakukan buruh berdampak pada kemacetan.

"Pihak Kapolres tidak melarang dari kita untuk berunjuk rasa, tapi dilihat dari kemaslahatannya kita banyak kemudaratannya kalau kita long march, jadi dengan kesadaran kita, kan pertimbangan bukan hari ini aja, jadi hari-hari berikutnya kita tetap berjuang, kita balik kanan," imbuhnya.

Rosid menyebut 3.000 buruh hendak pergi ke DPRD Kabupaten Bekasi. Mereka berunjuk rasa terkait disahkannya omnibus law UU Cipta Lapangan Kerja.

(isa/mea)