Soal Petisi Copot Terawan, Komisi IX DPR Soroti Gaya Komunikasi Menkes

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 22:49 WIB
Emanuel Melkiades Laka Lena
Emanuel Melkiades Laka Lena (Rahel/detikcom)

Diketahui, beredar petisi online yang mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Jokowi diminta mencopot dan mengganti Terawan dengan ahli kesehatan yang lebih kompeten.

Petisi online yang dibuat di laman Change.org ini dibuat oleh Koalisi untuk Indonesia Bebas COVI9-19 yang terdiri dari JALA PRT, buruh Supinah, Presiden UIN Jakarta Sultan Rivandi, Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, dan Irma Hidayana dari LaporCovid19.

Petisi bersangkutan muncul pada 30 September lalu yang awalnya menargetkan 5.000 tanda tangan. Pantauan detikINET di laman Change.org, pada Senin (5/10) ini, petisi tersebut sudah mendapatkan lebih dari 6.500 tanda tangan dengan target baru 7.500.

Di bagian deskripsi, koalisi menilai Terawan telah gagal sebagai Menteri Kesehatan dalam menangani pandemi. "Sudah bulan keenam pandemi Covid-19 di Indonesia. Bukannya membaik, situasinya justru makin parah. Salah satunya karena penanganan Covid-19 yang buruk," demikian deskripsi mereka.


(hel/knv)