3 Pekan Cai Changpan Kabur Belum Tertangkap, Polisi: Hutan Tenjo Itu Luas

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 17:55 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan. (Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri)
Jakarta -

Sudah genap 3 pekan berlalu setelah Cai Changpan melarikan diri dari Lapas Kelas I Tangerang. Pencarian narapidana kasus narkotika itu belum membuahkan hasil.

Polisi meyakini Cai Changpan bersembunyi di Hutan Tenjo, Kabupaten Bogor. Luasnya kawasan hutan membuat polisi terkendala mencari Cai Changpan di dalam hutan.

"Kita ketahui juga Hutan Tenjo ini cukup luas, meliputi 7 kelurahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Saat ini ada 5 tim gabungan dari kepolisian dan Lapas Tangerang yang melakukan pencarian. Tim juga diperkuat oleh Brimob untuk mempersempit ruang gerak WN China tersebut.

"Kita perkuat lagi dan tim masih bergerak di sana dan kita agak sedikit mengembang ke beberapa desa di sana," imbuhnya.

Yusri menambahkan, tim saat ini memperluas pencarian ke Desa Babakan, Pasir Madang, dan pasar Rebo. Seorang saksi menyebutkan pernah melihat Cai Changpan keluar dari dalam hutan.

"Tersangka ini pernah berdasarkan sumber dan saksi-saksi yang di Babakan sana, memang pernah keluar dari sana membeli makanan. Bertemu dengan warga pada saat itu, tapi warga tidak mengetahui pada saat itu yang bersangkutan pelarian dari Lapas Tangerang," paparnya.

Selain area hutan yang cukup luas, Cai Changpan sendiri diduga mengetahui seluk beluk hutan. Cai Changpan yang memiliki istri warga Tenjo, Bogor ini sudah mengenal betul kawasan hutan tersebut.

"Jadi rumah istri dan anaknya itu kurang lebih 3 kilometer dari Hutan Tenjo, di mana memang si tersangka Cai Changpan ini sering melakukan perburuan (di Hutan Tenjo), sehingga dia hafal," jelasnya.

Polisi menduga Cai Changpan bersembunyi di dalam hutan. Keterangan istri Cai Changpan menyebutkan WN China itu sembunyi di Hutan Tenjo.

"Yang kita ketahui bersama, ada indikasi bahwa memang tersangka ini melarikan diri di daerah Tenjo yang kebetulan kediamannya ini," tuturnya.

Saat ini tim gabungan terus menyisir kawasan hutan Tenjo.

(mea/mea)