Konsumsi Xanax karena Cemas, Vanessa Angel Mengaku Sempat Ingin Bunuh Diri

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 17:44 WIB
Vanessa Angel memberikan keterangan dalam lanjutan sidang kepemilikan pil xanax di PN Jakbar. Vanessa mengaku mengkonsumsi pil xanax di sel tahanan di Surabaya.
Vanessa Angel (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa kepemilikan psikotropika, Vanessa Angel, mengaku mengonsumsi pil Xanax karena kerap merasakan kecemasan. Bahkan, Vanessa mengaku sempat ada keinginan mengakhiri hidupnya.

"Kalau dulu saya sendiri jadi saya suka sedih sendiri, suka mau bunuh diri, terus rambut saya rontok. Ada kecemasan berlebih tapi sekarang saya sudah berkeluarga," ucap Vanessa saat menjalani pemeriksaan terdakwa dalam persidangan di PN Jakbar, Jalan Letjend S Parman, Jakarta Barat, Senin (5/10/2020).

Kini, menurut Vanessa, dirinya tak lagi membutuhkan pil Xanax karena telah berkeluarga. Dia mengaku terakhir kali mengonsumsi pil Xanax tahun lalu.

"Mungkin sudah nggak (butuh), karena sudah ada suami ya, lebih ada berbagi," ucapnya.

"Saya minum (terakhir kali) itu Juni (2019)," imbuh Vanessa.

Selepas persidangan, Febri Andriansyah alias Bibi, yang merupakan suami Vanessa, turut memberikan penjelasan. Dia mengatakan Vanessa kini lebih tenang dibandingkan dulu.

"Tapi alhamdulillah dia nggak sendiri, dulu kan dia cemas karena dia nggak ada orang tua, nggak ada saudara, nggak punya pacar, nggak ada arah tujuannya, mau nggak mau pelariannya ke situ (pil Xanax)," lanjut Bibi.

Dalam perkara ini, Vanessa didakwa melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang perubahan penggolongan psikotropika dalam lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

(isa/dhn)