40 Rumah Rusak Akibat Tabung Nitrogen Perusahaan di Kalbar Meledak

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 15:13 WIB
Tabung nitrogen perusahaan di Pontianak meledak akibatkan 3 orang terluka (Adi Saputro/detikcom)
Tabung nitrogen perusahaan di Pontianak meledak mengakibatkan 3 orang terluka. (Adi Saputro/detikcom)
Jakarta -

Polisi mencatat ada 40 rumah rusak ringan hingga berat akibat ledakan tabung penyimpanan nitrogen di sebuah perusahaan di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Dua rumah ibadah termasuk dalam puluhan bangunan yang rusak tersebut.

"Hingga saat ini tercatat sebanyak 40 unit rumah yang rusak, baik ringan maupun berat, dua di antaranya rumah ibadah," kata Kapolresta Pontianak Kombes Komarudin sesuai meninjau tempat kejadian perkara di Batu Layang, Pontianak Utara, seperti dilansir Antara, Senin (5/10/2020).

Rumah yang lokasinya berjarak satu rukun warga (RW) dari lokasi tabung nitrogen yang meledak itu mengalami pecah kaca ataupun mengalami keretakan. Polisi masih menyelidiki penyebab meledaknya tabung nitrogen milik PT Baja Sarana Sejahtera itu.

Polisi juga sudah memasang garis polisi di lokasi tersebut untuk memudahkan penyelidikan.

"Sementara untuk mengetahui apa penyebab ledakan besar tempat penampungan tabung nitrogen tersebut, masih belum diketahui, karena masih menunggu hasil identifikasi di lapangan," ujar Komarudin.

Sementara itu, Pelaksana Harian di PT BJS Akian mengatakan ledakan tersebut berasal dari salah satu tabung penyimpanan nitrogen cair di dalam pabrik mereka.

"Saya ditelepon oleh petugas satpam saat kejadian. Saat tiba di sini, kondisinya sudah seperti ini (sudah berantakan akibat tabung nitrogen)," kata Akian.

Dia menambahkan Pabrik PT BJS memiliki dua tabung penyimpanan yang sering digunakan yang berisi oksigen dan nitrogen cair. Dia mengatakan kejadian ini baru sekali terjadi.

"Sementara yang meledak itu, tabung nitrogen kosong," ungkapnya.

"Mungkin kena sialnya saja, tiba-tiba tabung meledak sendiri," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ledakan cukup besar terjadi dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB. Ledakan menyebabkan sebuah besi crane juga terpental jauh.

Pantauan detikcom, lokasi industri dan jauh dari pemukiman warga. Lokasi di sekitar PT Baja Sarana Sejahtera memutih akibat debu nitrogen yang beterbangan di udara. Daun-daun tanaman juga dikotori debu yang sangat tebal.

Akibat ledakan tersebut, rumah warga sekitar tempat kejadian perkara mengalami kerusakan. Gudang dan kantor sekuriti juga porak-poranda, termasuk 3 sekuriti alami luka-luka akibat terpental keras saat tabung gas nitrogen meledak.

"Korban hanya sekuriti yang berjaga saat itu. Tiga petugas sekuriti alami luka ringan, dan syok, tidak menjalani perawatan medis," kata Kapolsek Pontianak Utara, AKP Hery Purnomo, Senin (5/10).

(jbr/idh)