Kalapas Sukamiskin Tepis Isu Kesehatan Zumi Zola Terganggu

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 13:18 WIB
Sidang lanjutan Zumi Zola ditunda. Kondisi kesehatan Gubernur Jambi nonaktif itu dikabarkan menurun sehingga tak memungkinkan dijalankan persidangan.
Zumi Zola semasa mengikuti persidangan kasus korupsi yang menjeratnya (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Beredar kabar kesehatan Zumi Zola terganggu di balik penjara. Mantan Gubernur Jambi yang dihukum karena terbukti menerima suap itu disebut mengalami gangguan penglihatan.

Benarkah?

Zumi Zola saat ini masih menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Kepala Lapas Sukamiskin, Thurman Hutapea, mengatakan Zumi Zola dalam kondisi fit.

"Dia sehat, rajin sekali olahraga di fitness (center) itu (di lapas)," ucap Thurman kepada wartawan, Senin (5/10/2020).

Thurman memastikan kondisi kesehatan Zumi Zola baik-baik saja. Pun kalau nantinya ada keluhan, Thurman menyebut pihak lapas akan memberikan fasilitas kesehatan sesuai dengan aturan.

"Kecuali emergency, kalau terlambat kita bawa ke rumah sakit," kata Thurman.

Sebelumnya beredar kabar kondisi penglihatan Zumi Zola terganggu dikarenakan penyakit diabetes seperti disampaikan kuasa hukum Zumi Zola bernama Muhammad Farizi. Namun Farizi mengaku saat ini sudah tidak lagi memegang kuasa dari Zumi Zola.

"Maaf aku tidak tahu, karena sudah lebih dari setahun tidak berhubungan dengan beliau," kata Farizi saat dihubungi terpisah.

Lantas detikcom mencoba menelusuri kabar itu lebih lanjut. Diketahui ternyata kabar kondisi kesehatan Zumi Zola itu merupakan kabar lama yang beredar kembali. Dari arsip pemberitaan detikcom, Zumi Zola pernah mengajukan izin berobat mengenai diabetes pada April 2018.

Saat itu Zumi Zola masih berstatus sebagai tersangka dan kasusnya dalam proses penyidikan. Kala itu Zumi Zola disebut mengajukan izin berobat ke KPK.

(dhn/imk)