Kelelahan-Tak Bisa Jalan, Begini Kondisi 91 Warga Sumbar Tersesat di Hutan

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 10:41 WIB
Seluruh warga Limapuluh Kota, Sumbar yang tersesat di hutan ditemukan selamat.
Foto: Seluruh warga Limapuluh Kota, Sumbar yang tersesat di hutan ditemukan selamat. (Istimewa)
Padang -

Seluruh warga Kabupaten 50 Kota yang tersesat di hutan Suayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), ditemukan dalam kondisi selamat. Warga ada yang kelelahan hingga tak bisa berjalan.

Kepala Pos SAR 50 Kota, Robi Saputra mengatakan, tim menemukan 81 warga yang tersesat tersebut sekitar 30 kilometer dari titik awal merek berangkat di Nagari Suayan, Kabupaten 50 Kota.

"Posisi mereka semuanya ada di dalam hutan, sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan masuk hutan. Sebagian ada beberapa yang tak sanggup berjalan dan sudah kelelahan," kata Robi kepada wartawan, Senin (5/10/2020).

Tim gabungan dari Basarnas 50 Kota dibantu BPBD dan masyarakat lainnya berhasil mengevakuasi seluruh warga yang hilang tersebut. Robi merinci, ada 81 orang yang ditemukan pada Minggu (4/10/2020) malam, sementara 3 lainnya ditemukan pada Minggu sore.

Seluruh warga Limapuluh Kota, Sumbar yang tersesat di hutan ditemukan selamat.Seluruh warga Limapuluh Kota, Sumbar yang tersesat di hutan ditemukan selamat. Foto: Seluruh warga Limapuluh Kota, Sumbar yang tersesat di hutan ditemukan selamat. (Istimewa)

Warga yang tersesat dalam hutan belantara tersebut diketahui sedang melakukan survei lokasi wisata. Mereka awalnya dilaporkan berjumlah 91 orang, yang terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama 14 orang. Sementara kelompok kedua dilaporkan berjumlah 77 orang. Belakangan diketahui, kelompok kedua total berjumlah 84 orang.

Kepala Badan Pelaksana BPBD Agam, Muhammad Luthfi mengaku dapat laporan kehilangan tersebut pada Minggu (4/10/2020). Rombongan yang hilang tersebut diketahui berangkat masuk hutan pada Sabtu (3/10/2020) pagi.

Rombongan pertama yang berjumlah 14 orang, sudah ditemukan dan diketahui turun di sekitar daerah Simarasok, Kecamatan Baso, Agam.

Puluhan Warga Sumbar yang Tersesat di Hutan Ditemukan:

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)