Round-Up

Sertijab Kasat Lantas Pasuruan Digoyang Dangdutan, Propam Turun Tangan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 05:40 WIB
Viral Polisi Dangdutan Langgar Protokol Kesehatan, Netizen Geram
Viral polisi dangdutan di sertijab Kasat Lantas Pasuruan. (Foto: Tangkapan Layar)
Jakarta -

Acara Sertijab Kasat Lantas Pasuruan digoyang acara dangdutan yang melanggar protokol kesehatan. Buntutnya, baik Kasat Lantas yang baru dan lama diperiksa Propam.

Acara dangdutan di acara pisah sambut Kasat Lantas itu viral di media polisi. Video itu lantas netizen geram.

Pada salah satu unggahan di aun Facebook, tampak belasan anggota polisi berseragam lengkap tengah asyik dangdutan. Mereka ada yang berjoget bersama biduan, ada juga di atas panggung bertuliskan 'Malam Keakraban Keluarga Besar Satlantas Polres Pasuruan'.

Sebagian besar polisi memakai masker, namun ada beberapa yang tanpa masker. Meski demikian tak ada physical distancing. Tampak juga pria menaburkan uang ke biduan.

Video yang diunggah Sabtu (3/10) malam pukul 23.35 WIB, sudah 2.837 kali dibagikan dan dikomentari 144 kali. Sebagian besar netizen mengecam.

"Negoro dagelan," kata netizen.
"Inilah akibat pemimpin yg gak punya ketegasan dalam bersikap dan bertindak," ujar yang lain.
"Angel wes angel..." sindir akun lainya.
"Duwek.e tilangan masker gae nyawerr," geram netizen selanjutnya.
"Lek daerah pasuruan di obrak, video iki dodono ngarep matate cek gak angger ngobrak wong ae," sungut akun lainnya.
"Aturan pemerintah tumpul atas tajam ke bawah. Kasihan masyarakat kecil... Miris hati saya melihat negeri ini," ujar akun lain.

Saat dikonfirmasi, Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kompol Hardi menyebut, acara sertijab dilakukan pada Jumat (2/10) siang. Hardi mengaku, upacara juga digelar secara virtual.

"Antara Kapolres dan yang sertijab tanda tangan aja di layar. Tidak ada acara apa-apa. Takutnya itu video lama," ujar Hardi, Minggu (4/10/2020).

Sementara itu, Mabes Polri membenarkan video viral dangdutan sejumlah anggota polisi di acara sertijab Kasat Lantas Pasuruan. Dia menyebut kegiatan itu berlangsung pada Sabtu (3/9) kemarin.

"Iya itu kejadian kemarin tanggal 3 Oktober 2020 di Purwodadi Pasuruan, acara pisah sambut Kasat Lantas Pasuruan," ujar Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono melalui pesan singkat kepada detikcom, Minggu (4/10/2020).

Awi menerangkan, Kasat Lantas saat ini diperiksa oleh Propam Jawa Timur. Pemeriksaan dilakukan untuk mendapat klarifikasi acara tersebut. Apalagi kegiatan dangdutan dilakukan di tengah pandemi, dan kedapatan ada beberapa orang yang tidak menggunakan masker.

"Saat ini Kasatlantas lama dan yang baru sedang diperiksa oleh bidang Propam Polda Jawa Timur," ujarnya.

(idn/idn)