ADVERTISEMENT

1 KKSB Anak Buah Egianus Kogoya Tewas Disergap TNI di Nduga, Pistol Disita

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 20:04 WIB
Seorang KKSB anak buah Egianus Kogoya tewas usai kontak tembak dengan pasukan TNI di Nduga. Sejumlah barang bukti disita.
Foto: Sejumlah barang KKSB yang disita (Dok Kogabwilhan III)
Jakarta -

Kontak tembak antara pasukan TNI dan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) kembali terjadi di Papua. KKSB anak buah Egianus Kogoya tewas dalam baku tembak.

"Kontak tembak tersebut berhasil menewaskan salah seorang anggota KKSB anak buah Egianus Kogoya yang sedang berada dalam tempat persembunyian di sebuah honai di Distrik Dal wilayah Nduga," kata Kapen Kogabwilhan III, Kol Czi IGN Suriastawa, dalam keterangannya, Minggu (4/10/2020).

Kejadian berawal saat pasukan TNI melaksanakan patroli rutin di Distrik Dal yang dicurigai menjadi jalur lintasan gerombolan KKSB. Sekitar pukul 12.00 WIT, pasukan TNI yang berada di ketinggian melihat kepulan asap dari rerimbunan hutan di Distrik Dal.

Pasukan lalu mendekati lokasi dengan mendekati secara senyap. Ternyata di balik rerimbunan hutan ada sebuah honai.

Seorang KKSB anak buah Egianus Kogoya tewas usai kontak tembak dengan pasukan TNI di Nduga. Sejumlah barang bukti disita.Foto: Sejumlah barang bukti disita. (Dok Kogabwilhan III)

"Terdengar percakapan dari beberapa orang yang berada di dalam honai. Diperkirakan terdapat sekitar empat hingga lima orang sedang bercakap-cakap dibalik honai yang berada di tengah hutan," ujar Suriastawa.

Pasukan TNI terus mendekat dengan senyap dan melakukan pengamatan sekitar empat jam. Hingga kemudian terlihat dua orang keluar dari dalam honai dan dari kejauhan tampak jelas salah satunya menenteng satu pucuk senjata laras panjang. Keduanya terlihat berbincang di luar honai.

Tonton juga '3 TNI Gugur dalam Baku Tembak dengan KKSB':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT